Pamsimas Lamsel Bisa Jadi Percontohan

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan, DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum melaunching program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Karang Pucung, Kecamatan Waysulan, Rabu (2/5/18).

Dalam kesempatan itu, Zainudin menyampaikan, program Pamsimas tersebut menggunakan dua anggaran yang bersumber dari APBN dan APBD Lampung Selatan.

Ia mengungkapkan, besaran nilai investasi program itu mencapai Rp350-400 juta.

“Pamsimas ini merupakan salah satu program yang baik, untuk ketersediaan sumber air minum. Dan ini bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat desa, sebab program ini bisa mengaliri air bersih sampai dengan 70-80 rumah,” ujar Zainudin.

Orang nomor satu di Kabupaten Khagom Mufakat ini menilai, Pamsimas bisa dijadikan percontohan miniatur dari PDAM. Dimana masyarakat dapat berlangganan, dengan menjual air siap konsumsi dengan hitungan kubikasi penggunaan air.

“Artinya, jika ada keuntungan terlepas dari biaya produksi dan biaya perawatan itu menjadi penghasilan masyarakat. Makanya saya katakan ini program bagus,” katanya.

Menurutnya, apabila Pamsimas di Desa Karang Pucung dapat berjalan bagus, tidak menutup kemungkinan akan dibuka Pamsimas di desa lainnya.

“Jika kita lihat, kenapa banyak orang sakit dan lumpuh, salah satunya karena kurang air bersih. Oleh sebab itu, kalau bisa Pamsimas ini ada di setiap desa,” kata Zainudin. (*az/rls)