Dibui KPK, PAN Pecat Zainudin Hasan dari Ketua DPW PAN Lampung

Jakarta – DPP PAN memecat Zainudin Hasan dari posisi Ketua DPW PAN Lampung. Sebagai gantinya, PAN menunjuk mantan Bupati Lampung Timur (Lamtim)  Irfan Nuranda Djafar sebagai Plt Ketua DPW PAN Lampung. Keputusan ini tercantum dalam surat mandat DPP PAN yang ditandatangani Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekjen Edi Soeparno.

Wasekjen PAN Faldo Maldini mengatakan penunjukan Irfan Nuranda sebagai Plt Ketua DPW PAN Lampung telah sesuai dengan mekanisme partai.

“Penunjukkan Plt juga diperlukan untuk proses perbaikan daftar calon legislatif sementara, sesuai dengan ketentuan dari KPU,” ujar Faldo kepada wartawan, Selasa (31/7/2018).

Faldo mengatakan PAN mendukung dan percaya pada KPK dalam menangani kasus yang menjerat Bupati Lampung Selatan tersebut. “Kami percaya KPK akan bekerja secara profesional untuk menuntaskan kasus Pak Zainudin Hasan,” ucap Faldo.

Penunjukkan Irfan Nuranda ini sekaligus mengonfirmasi kabar pemberhentian Zainudin Hasan dari PAN seperti yang sempat dilontarkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Jumat (25/7) lalu. “Itu otomatis (dipecat partai jika terbukti korupsi),” kata Zulkifli kepada wartawan seusai acara Ijtimak Ulama GNPF-U di Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (27/7/2018).

Zainudin terkena OTT KPK pada Kamis (26/7) malam. Dalam OTT itu, diamankan uang tunai sebesar Rp 700 juta. Dalam kasus ini, Zainudin diduga mendapatkan imbalan berupa fee proyek sebesar 10-17 persen di lingkungan Dinas PUPR Kabupaten Lampung Selatan.

KPK telah menetapkan empat tersangka, yakni Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, anggota DPRD Lampung Agus Bhakti, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lampung Selatan Anjar Asmara, dan pihak swasta Gilang Ramadan dari CV 9 Naga.(net)