Pemkab Mesuji Akan Gandeng LAN RI

MESUJI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji akan melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Sekretaris Bappeda, Irhandi Juanesvant, menjelaskan, kerjasama tersebut dalam rangka memantapkan inovasi daerah atau pembaruan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagai implementasi Pasal 390 Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana diubah dengan UU No. 9 Tahun 2015 dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.

Lanjutnya, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2013 tentang Lembaga Administrasi Negara, LAN merupakan lembaga pemerintah yang salah satu tugasnya adalah untuk pengembangan inovasi administrasi negara di bidang tata pemerintahan, pelayanan publik, serta kelembagaan dan sumber daya aparatur. Atas dasar itulah, Pemkab Mesuji menggandeng LAN.

Melalui MoU tersebut Pemkab Mesuji akan bekerjasama dengan LAN dalam hal kajian kebijakan, pelatihan dan pengembangan kompetensi inovasi administrasi negara, serta pendidikan tinggi guna mendorong terwujudnya pembangunan yang inovatif dan mendukung pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mesuji tahun 2017-2022.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Anest itu, penandatanganan MoU sendiri dijadwalkan akan dilakukan oleh Bupati Mesuji Khamami dan Kepala LAN RI Adi Suryanto bertempat di Kantor LAN RI di Jakarta pada Selasa ini (3/4/2018).

Selain dengan Pemkab Mesuji, pada kesempatan itu nantinya bersamaan dengan penandatanganan kerjasama LAN RI dengan Pemkab Banggai, Sulawesi Tengah serta Pemkab Probolinggo dan Pemkab Tuban, Jawa Timur.

“Ini menjadi salah satu komitmen Pemkab Mesuji di bawah arahan Bupati Khamami untuk terus mengembangkan inovasi di Kabupaten Mesuji. Bahkan, beliau berharap dapat menularkan berbagai inovasi yang ada di Mesuji kepada daerah lain, sehingga mampu memberikan inspirasi bagi daerah lain dan memberikan manfaat secara lebih luas bagi masyarakat,” ujar Anest. (Rls)