KI Lampung Sosialisasi Pemeringkatan Badan Publik 2017

BANDARLAMPUNG – Dalam rangka mendorong peningkatan kualitas pelayanan informasi publik di lingkup Pemerintah Provinsi Lampung, Komisi Informasi (KI) Provinsi Lampung kembali menyelenggarakan Sosialisasi Pemeringkatan PPID Tingkat Provinsi Lampung di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur, Rabu (02/08). Acara ini bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Lampung selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Harun Al Rasyid selaku Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM dan Chrisna Putra selaku Kepala Dinas Kominfotik. Selain itu dihadiri oleh 125 badan publik dengan 5 kategori yaitu SKPD Pemprov, Pemda Kab/Kota, BUMN/BUMD, Instansi Vertikal dan Perguruan Tinggi.  Dalam sambutanya, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Chrisna Putra menekankan terkait Implementasi dari Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) beserta peraturan-peraturan turunannya.Antara lain dengan pembentukan organisasi pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) yang diharapkan dapat menyederhanakan birokrasi dan mempermudah koordinasi dalam pelayanan informasi publik.

Selanjutnya dalam rangka penguatan tugas pokok dan fungsi PPID, Dery Hendryan selaku Ketua KI Provinsi Lampung  menyampaikan bahwa dalam Keterbukaan Informasi Publik perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik, dimana salah satu di antaranya melalui kegiatan Pemeringkatan PPID Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017. Dari sini pula diharapkan kesadaran badan publik terhadap pentingnya keterbukaan atau transparansi atas informasi publik.

Paparan mengenai prosedur pengisian kuesioner sendiri disampaikan oleh Komisioner KI Asad Muzammil, dan formulir isian (kuesioner) SAQ pemeringkatan sudah diterima kembali pada 25 Agustus  mendatang. Untuk selanjutnya akan dilakukan verifikasi lapangan dan penganugerahan direncanakan pada akhir bulan Oktober 2017.(red)