Tiga Partai ‘Penguasa’ Metro Daftarkan Calegnya

METRO – Sebanyak Tiga partai ‘penguasa’ yang memimpin roda pemerintahan di Kota Metro telah resmi mendaftarkan 75 bakal calon legislatifnya, Selasa (17/7/18).

Ketiga partai tersebut adalah DPD II Partai Golkar yang dipimpin Walikota Metro Achmad Pairin, kemudian disusul dengan DPD Partai Demokrat yang di nahkodai Wakil Walikota Metro Djohan, dan selanjutnya adalah DPC Partai PDI Perjuangan yang kadernya menduduki posisi strategis sebagai ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda.

Sementara itu, 75 kader dari Ketiga Partai yang didaftarkan menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tersebut terdiri dari masing-masing 25 Kader partai yang tersebar di 4 Dapil.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Metro, Achmad Pairin menyebutkan, dari 25 Bacaleg yang didaftarkan terdapat 44 persen keterwakilan perempuan didalamnya.

“Kami mendaftarkan bakal calon legislatif sebanyak 25 bakal calon. Untuk keterwakilan perempuan ada 44 persen. Saya tidak bicara target, kami akan bekerja maksimal sehingga Partai Golkar mendapat kepercayaan masyarakat sehingga nanti banyak yang memilih calon legislatif dari Partai Golkar. Kalau strategi politik belum kita bicarakan, karena kita belum kumpul untuk membicarakan strategi, tapi yang jelas upaya kita yang pertama itu adalah sosialisasi pengenalan, dan yang kedua adalah pengamanan,” paparnya.

Selain itu, terkait keterlibatan beberapa mantan pejabat birokrat dalam kontestasi pileg yang di using Partai Golkar Kota Metro, Pairin menyebut Maryati yang diketahui sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro telah pensiun.

“Soal statusnya sudah, sudah pensiun semua. Memang pensiun tahun ini, semua sudah konfirmasi dan semua sudah memenuhi syarat,” singkatnya menanggapi pertanyaan awak media.

pDi kesempatan lain, Ketua DPC Demokrat, Djohan menuturkan sebanyak 25 kadernya juga telah di daftarkan. Dirinya berharap proses kontestasi pileg dapat berjalan baik tanpa money politik.

“Alhamdulillah untuk keterwakilan perempuan di partai Demokrat itu sampai 40 persen, terpenuhi semuanya. Kalau saya targetnya banyak, sekarang saja yang duduk di DPRD itu 4, saya mesti lebih dari itu. Targetnya yang duduk lebih dari 4. Saya juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat maupun KPU, berlakulah sebagaimana jalur kejujuran,” tuturnya.

Kendati Partai Golkar dan Demokrat tidak menyebutkan angka kongkrit target kursi yang akan diperoleh, namun PDI Perjuangan secara gamblang menyampaikan targetnya untuk menguasai gedung DPRD dengan 7 Kursi.

“Seratus persen dari kuota kita daftarkan. Untuk keterwakilan perempuan sudah terpenuhi sebesar 30 persen. Untuk Kota Metro kita targetkan 7 kursi. Kalau strateginya kita akan berdayakan komponen partai karena bagi kami modal kami adalah jajaran partai dan seluruh simpatisan partai. Dan juga ada semua petahana yang kembali maju ke pileg, karena memang perintah dari partai. Target PDI Perjuangan menang sehingga otomatis pimpinan ada ada di tangan kita,” kata ketua DPC PDI-Perjuangan Adi Prasetyo kepada awak media.

Diketahui, hingga pukul 17.30 WIB sedikitnya telah terdapat 9 Parpol yang telah mendaftarkan kadernya. Kemarin (16/7) terdapat 3 parpol diantaranya NasDem, Perindo, dan PKS. Semantara hari ini (17/7) terdapat 6 Parpol diantaranya PAN, Demokrat, Golkar, PKB, PDI Perjuangan dan PPP.

Sementara itu Ketua KPU Kota Metro Drs.Sukatno memastikan, sebanyak 16 Parpol akan mendaftarkan bacalegnya malam ini.

“Batas waktu tanggal 17 ini sampai jam 12 malam, lewat dari situ tidak akan kami layani, sampai saat ini sudah ada 9 partai, dan hari ini semua sudah konfirmasi akan mendaftarkan bacalegnya malam ini. Kita pastikan malam ini selesai,” tandasnya. (Arby)