Dipicu Raket Nyamuk, Rumah dan Mobil Terbakar

METRO PUSAT— Jago merah melalap kediaman Suyono (70) di Jalan Hasanuddin RT 09/RW 03 Yosomulyo 21 B, Metro, Senin (30) malam. Kebakaran diduga dipicu oleh raket nyamuk elektrik.

Rumah permanen berukuran 7 x 18 m dan 12 x 11 meter itu terbakar sekira pukul 20.00 WIB dan tiga unit mobil kebakaran milik Pemkot Metro berjuang hingga 1,5 jam untuk memadamkan api.

Menurut korban, api dengan cepat merambah bagian-bagian rumahnya setelah bensin yang sedang ia tuangkan ke derigen kecil menyambar raket nyamuk elektrik yang dipegang isterinya di dekat kepala.

“Waku itu saya lagi menuangkan bensin, dan isteri saya melihat ada nyamuk. IA mengayun-ayunkan raket itu sekitar saya,” jelas bapak empat anak ini kepada wartawan.

“Saat raket diayunkan di atas kepada saya yang saat itu posisi lagi duduk, percikan setrum raket yang kena nyamuk disambar bensin,” urainya.

Hal itu dijelaskan juga korban kepada Kapolres Kota Metro AKBP Umi Fadillah saat berada di lokasi kebakaran.

Menurut korban, api menjalar begitu cepat dari sambaran percikan raket elektrik dengan cepat masuk ke dalam mobil milik korban Xenia BE 2461 FA dan kemudian menjalar ke mana-mana.

Akibatnya mobil pikap Xenia milik korban tidak dapat diselamatkan dan hangus terbakar. Beruntung, mobil Kijangbpikap terbuka milik korban dapat diselamatkan setelah adik korban mendorongnya ke jalan besar.

Sementara itu, setelah dihubungi melalui handphone via anggota Polres Metro, Amirul beberapa saat kemudian tiga mobil Damkar tiba di lokasi, dan tak lama kemudian Kapolres juga, tiba di lokasi kebakaran.

Hingga pukul 22.15 WIB ke 3 unit Damkat milik Pemkot Metro masih menyemprotkan air ke bangunan rumah korban, karena masih terlihat beberapa titik asap mengepul.

Warga masyarakat sekitar rumah korbanpun ikut panik. Beberapa rumah yang berdekatan dengan rumah korban mengungsikan beberapa harta benda seperti mobil, sepeda motor dan mematikan aliran listrik.

Dari keterangan korban, sebelum api membesar, ia sempat mematikan aliran listrik di rumah, sehingga listrik yang terbakar tidak menjalar ke rumah tetangga. Hanya api terlihat membakar kabel listrik ke tiang utama di depan rumah korban.

Petugas PLN pun atas desakan warga sekitar terpaksa memotong kabel listrik yang terbakar dari rumah korban ke tiang utama. Akibatnya semalaman listrik untuk beberapa rumah sekitar lokasi gelap gulita.

Musibah kebakaran rumah korban mendapat perhatian khusus dari Kapolres dan jajarannya, termasuk Walikota Metro yang datang ke lokasi sekitar pukul 23.15 WIB.

Saat terjadi kebakaran hadir di lokasi Sat Pol PP, Imron, Kasi Pemadam kebakaran, Syamsudin dan anggota, Camat Metro Pusat, Ny Rere dan aparat dari Kodim 04111 Lampung Tengah.

Sementara itu, rasa simpati juga datang dari Ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda yang mengunjungi keluarga korban, Selasa (31/7) sekaligus memberikan bantuan berupa uang tunai yang diterima langsung oleh korban, Suyono.

Akibat kebakaran yang menghanguskan rumah Mas Yono, kerugian ditaksir mencapai 500-an juta. Karena semua harta benda korban tak dapat diselamatkan, kecuali pakaian di badan.

Isteri korban sejak Senin malam Selasa (30/7) sekitar pukul 20.40 WIB dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka bakar di lengan dan kaki. (arby)