Survei Rakata Nilai Hj. Elty Yunani Bintang Baru di Pesisir Barat

BANDAR LAMPUNG – Survei Rakata Institute menyebutkan, petahana Agus Istiqlal masih kuat dengan popularitas yang mencapai 97,33%. Kemudian, tingkat elektabilitasnya sekitar 32,58%.

“Hasil survei menyatakan, sebanyak 38,75% masyarakat menginginkan bupati baru, sedangkan 36,00% masih tetap ingin Agus Istiqlal menjadi Bupati Pesisir Barat pada periode mendatang,” kata Yuli Harmoko, peneliti Rakata Institute, saat merilis hasil survei Pilkada Lampung Selatan dan Pesisir Barat di Kafe DMC, Garuntang, Bandar Lampung, pekan lalu.

Namun demikian, munculnya calon penantang kuat Agus sangat mungkin ada. Hal itu mengingat masih lamanya proses tahapan pemilihan bupati-wakil bupati. Terlebih, sampai saat ini belum banyak kandidat/bakal calon yang bergerak.

“Sosok Erlina sebagai Wakil Bupati Pesisir Barat tampaknya bisa menjadi pesaing kuat apabila mereka memutuskan untuk maju masing-masing pada pilkada 2020. Saat ini elektabilitas Erlina posisi kedua, yaitu 10%,” ujarnya.

Selain dua sosok itu, lanjut Yuli, kehadiran Hj. Elty Yunani cukup menarik perhatian. Politikus PDIP itu menjadi sosok pendatang baru di kancah politik Pesisir Barat yang bisa langsung bertengger dipapan atas dengan popularitas mencapai 50,08%. Sedangkan elektabilitasnya berada tiga besar, yakni 7,67%.

“Hadirnya Elty sebagai pengurus DPC PDIP Pesisir Barat sepertinya ikut menjadi salah faktor yang mengangkat namanya di kalangan masyarakat setempat,” kata dia.

Survei Rakata melibatkan sampel sebanyak 1.200 responden. Sampel berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat yang terdistribusi secara proporsional. Metode survei dengan stratified random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan ±3% pada tingkat kepercayaan 95%. Periode survei pada 1-7 Agustus 2019.(djr/net)