Helmi Absen Penyerahan Rekom PPP, Final Ridho Duet Bachtiar

BANDARLAMPUNG – Dinamika Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung, Juni 2018 mendatang,  memasuki babak baru. Ini menyusul tidak hadirnya, Helmi Hasan, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Lampung yang digadang-gadang berpasangan dengan petahana Ridho Ficardo saat penyerahan Surat Rekomendasi dukungan oleh DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Senin (8/1) semalam. Ditunggu sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB, baik Helmi Hasan maupun kakak kandungnya, Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Amanat Nasional (PAN), ternyata memilih tak hadir.

Menyikapi situasi ini, Ridho Ficardo dikabarkan langsung menghadap Ketum DPP Partai Gerindra, Prabowo. Intinya memohon petunjuk, apakah DPP Gerindra memiliki calon atau kader yang akan diusung sebagai Cawagub Lampung mendampingi dirinya.

Oleh Prabowo, dijawab Partai Gerindra tidak akan mengajukan kadernya. Atas jawaban ini, Ridho lantas meminta izin dan menyodorkan nama Bachtiar Basri untuk berpasangan dengannya.

“Alhanmdulillah, bapak Prabowo menyetujui, jadi sekarang clear dan final, Ridho-Bachtiar akan kembali berpasangan dan maju mendaftar sebagai Cagub dan Cawagub Lampung jilid II periode 2019-2024,” terang sumber koran ini.

Seperti diketahui, sebelumnya koran ini sudah mengangkat isu wacana adanya koalisi Partai Demokrat, PPP, PAN, dan Gerindra untuk mendukung dan menduetkan petahana Ridho Ficardo dan Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan sebagai Cagub dan Wagub Lampung hanya sekedar wacana. Pasalnya PAN diprediksi tetap mendukung Cagub, Arinal Djunaidi yang sebelumnya sudah dideklarasikan di Rumah Makan Kayu, Bandarlampung oleh Ketum DPP PAN yang juga Ketua MPR-RI, Zulkifli Hasan.

“Sepertinya agak beratlah PAN mendukung Ridho meskipun dipasangkan dengan Helmi Hasan. Karenanya hubungan dan komunikasinya dengan Cagub Arinal Djunaidi sudah terlalu dalam,” tegas sumber koran ini, Jumat (5/1) lalu.

Dengan demikian koalisi untuk mendukung incumbent Ridho Ficardo, tinggal dimungkinkan antara Partai Demokrat, PPP dan Partai Gerindra.

“Untuk calon pasangan Ridho, sepertinya tetap Bachtiar Basri yang juga petahana Wagub Lampung saat ini. Jadi bisa, Ridho-Bachtiar jilid II berlanjut. Sebab dalam hal ini Partai Gerindra tidak terlalu memaksakan kadernya untuk berduet dengan Ridho,” terangnya lagi.(red)