Bersiap Menghadapi Ledakan Hama Wereng dan Virus Kerdil

METRO – FMC mengelar seminar jagonya wereng bersama mitra para petani di wilayah Lampung. Seminar tersebut menghadirkan ahli peneliti hama tanaman, Prof. Dr .Ir. Baehaki Suherlan di Ballaroom  Hotel S’kuntum Kota Metro, Selasa (18/9/2018).

Seminar tersebut mengupas isu upaya stategis menghadapi ancaman ledakan hama wereng dan virus kerdil dengan menghadirkan sejumlah pakar.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Baehaki mengatakan,  ada dua isu besar yang menjadi bahasan seminar tersebut, yakni mencari langkah strategis serta mengembalikan pengendalian hama terpadu (PHT) sebagai upaya jangka panjang dalam mencegah ledakan hama dan virus.

“Saya kira seminar ini baik, karna gerakan-gerakan serangan hama wereng itu setiap tahun ada. Jadi para petani harus paham cara pengendaliannya,” ungkap Prof. Baehaki.

Lebih lanjut, kata dia, FMC ini paling baik diantara yang lain. Artinya FMC bisa mengadakan seminar dan sosialisasi bersama para mitra petani. Bahkan seminar ini juga memberikan pemahaman tentang teknologi.

“Saya berharap hasil seminar ini untuk kebijakan apa saja yang harus diperbaiaki sama-sama mencari solusi untuk pengendalian hama wereng,” jelasnya.

Sementara itu, Senior Crop Manager FMC Agus Suryanto mengaku bahwa acara ini merupakan bentuk kepedulian FMC  dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan petani. Khususnya daerah Lampung banyak para petani mengeluh tanaman padi terserang hama wereng coklat.

“Ya jadi tujuan seminar ini untuk memberikan edukasi serta wawasan terhadap para petani. Kita kupas semuanya mulai dari mana hama wereng berasal, berkembangbiak, kerugaian petani dari serangan hawa dan bagaimana cara pengendaliannya,” paparnnya.

Agus menjelaskan, hama wereng ternyata uga sebagai vector untuk menyebabkan kerdel rumput dan kerdel hampa.

“Nah, strategi yang kita sampaikan. Biasanya petani panik bila tanaman diserang hawa wereng, apapun produk yang direkomendasikan retailer diaplikasikannya, terlepas produk tersebut sudah resmi terdaftar atau belum pada tanaman padi oleh Komisi Pestisida. Selain seminar kita juga mengenalkan insektisidaStargate 600C dengan aksi CETAR yang artinya Cepat, Tahan Lama dan Ramah Lingkungan,” pungkasnya. (Arby)