Ikat Tali Persaudaraan, Bachtiar-Zainal Tandatangani Pemekaran Kabupaten Sungkai Bunga Mayang

Ikut Hadir Bupati Lambar Dua Periode, H. Mukhlis Basri

NEGARARATU – Dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan jalinan persaudaraan semakin erat, H. Bachtiar Basri, S.H., M.M.- Gelar Suttan Setia Negara asal Tiyuh Negeri Sakti Marga Sungkai Bungamayang dengan (Tiyan Rumpok) Drs. H. Zainal Abidin, MM., Gelar Suttan Raja Mangkunegara, asal Tiyuh Kotabumi Ilir Marga Abung Siwo Migo, melaksanakan acara angkenan dan  muwarian (menjalin ikatan persaudaraan).  Acara prosesi muwarian digagas Ketua Panitia Pelaksana, H. Hidayat Lembasi Gelar Suttan Kepala Marga., Sekretaris H. Syahrir Irawan, SH, Gelar Ratu Pesirah Alam dan Pemangku Hajat Zulfikar SE, Gelar Suttan Junjungan Muda.

Hadir pada acara angkenan dan muwarian ini, Bupati Lampung Barat Dua Periode, Drs. H. Mukhlis Basri, MM., Ketua DPRD Lampung Utara, H. Rahmat Hartono, SE., Dandim O412/LU diwakili Danramil 412 – 06/SKU Kapten Inf H. Alimin., Kapolres Lampura diwakili Kapolsek Sungkai Utara, AKP Hadi. S.. Lalu para tokoh adat dari Negeri Sakti Marga Bungamayang., tokoh adat dari Hulu Sungkai., tokoh adat dari Bungamayang., tokoh Adat dari Ketapang., tokoh adat dari Kota Negara., tokoh adat dari Negara Batin., tokoh adat dari Padangratu., tokoh adat dari Abung Siwo Migo dan Marga Nunyai yang terdiri dari tokoh adat Abung Kotabumi., tokoh adat Abung Kota Alam., tokoh adat Abung Way kunang., tokoh Abung Surakarta., tokoh adat Abung Bumi Agung Marga., tokoh adat Abung Pekurun., tokoh adat dari Abung Blambangan., tokoh adat dari Abung Pungguk., tokoh adat dari Abung Pungguk Lama beserta seluruh tamu undangan dari Sungkai maupun Abung Siwo Migo.

Pada prosesi acara persaudaraan Bachtiar Basri tokoh Adat Lampung Sungkai Bungamayang dengan Zainal Abidin tokoh Adat Lampung Abung ini dilakukan juga penandatangan kesepakatan pemekaran Kabupaten Sungkai Bunga Mayang dari Kabupaten Lampung Utara. Acara mempererat tali persaudaraan berlangsung di kediaman Bachtiar Basri gelar Suttan Satria Negara dengan tokoh Adat Lampung Abung, Zainal Abidin gelar Suttan Raja Mangkunegara, di Desa Negeri Sakti, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara, Sabtu (17/2/2018).

Selain Bachtiar Basri (Suttan Satria Negara) dan Zainal Abidin (Suttan Raja Mangkunegara) ikut bertandatangan pada komitmen tersebut ketua panitia pemekaran Kabupaten Sungkai Bunga Mayang, Hidayat Lembasi beserta jajarannya.

Penandatangan berkas rencana pemekaran diawali oleh Zainal Abidin yang diketahui sebagai salah seorang pasangan calon Bupati Lampung Utara, kemudian dilanjutkan oleh Hidayat Lembasi beserta jajarannya. Lalu yang terakhir oleh Bachtiar Basri yang juga calon wakil Gubernur Lampung pada Pilkada mendatang.

Tentu saja dengan ditandatanganinya berita acara pemekaran Kabupaten Sungkai Bunga Mayang (SBM) tersebut, menjadi harapan seluruh masyarakat Sungkai Bunga Mayang.

“Dengan ditandatangani berkas pemekaran Kabupaten SBM ini, kami berharap ke depan pemekaran yang sejak lama kami nanti-nantikan dapat segera terwujud,” ujar Joni yang diamini Herwan, tokoh adat masyarakat setempat.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana Acara Muwarian tersebut, Hidayat Lembasi Gelar Suttan Kepala Marga menyampaikan bahwa, untuk acara serimonial, berlangsung sesuai tahapan adat budaya Lampung dan dipimpin oleh para tokoh adat dari Lampung Abung Siwo Migo dan tokoh adat Lampung Sungkai Bungamayang.

“Tentu semua tahapan adat yang dilaksanakan kita serahkan ke para tokoh adat baik dari Lampung Abung Siwo Migo, maupun dari marga Sungkai Bungamayang,” ungkap Hidayat Lembasi.

Terkait Muwarie, lanjut Lembasi, sebagai upaya untuk mempererat lagi hubungan silaturahmi antara kedua Marga Adat yang ada diwilayah Lampung Utara.

“Pak Zainal merupakan tokoh masyarakat Lampung Abung, sementara Pak Bachtiar, merupakan tokoh masyarakat Lampung Sungkai Bungamayang. Jadi diharapkan, dapat mempererat jalinan silaturahmi antara kedua Marga Adat Lampung yang ada di kabupaten Lampung Utara,” terang Hidayat Lembasi.

Pada rangkaian kegiatan acara tersebut Hidayat Lembasi menambahkan bila penandatangan berkas rencana pemekaran Sungkai Bungamayang (SBM) diawali oleh Zainal Abidin yang juga calon Bupati Lampung Utara dan oleh Bachtiar Basri yang juga calon Wakil Gubernur Lampung.

Diketahui, acara prosesi angkenan Muwarie antara H. Bachtiar Basri, SH, MM, Gelar Suttan Setia Negara asal Tiyuh Negri Sakti Marga Sungkai Bungamayang dengan (Tiyan Rumpok) Drs. Hi. Zainal Abidin, MM, Gelar Suttan Mangku Negara, berlangsung khidmat dan meriah. (adv)