Dari Lampung untuk Indonesia

BANDARLAMPUNG — Persatuan dan kesatuan adalah modal utama suatu  bangsa untuk menjadi salah satu negara kuat dan terdepan di dunia.

Pesan ini ditegaskan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo tidak hanya untuk Lampung. Tapi untuk Indonesia secara umum.

Di Malam Resepsi Syukuran dan Pesta Rakyat HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 73 di PKOR Way Halim, Bandarlampung, Jumat (17/8) malam, gubernur termuda ini juga mengulas sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita patut bersyukur bahwa proklamator kita, presiden RI pertama Ir. Soekarno adalah seseorang pemberani yang selalu siap menghadapi tantangan, ancaman dan rintangan. Berulang kali ditahan dan ditawan, tetapi tidak menyurutkan langkah memerdekakan Indonesia,” ujarnya.

Soekarno, sambung Ridho, adalah contoh suri tauladan dengan penuh keberanian mengucapkan proklamasi sebagai tonggak pemindahan kekuasaan menyampaikan kepada seluruh penjuru dunia bahwa bangsa indonesia merebut kemerdekaan.

Ancaman pecahnya suatu bangsa lebih berbahaya ketika muncul dari dalam. “Banyaknya ancaman terorisme bukan dari orang asing tetapi muncul dari saudara-saudara kita yang memiliki paham menyimpang. Ancaman radikalisme dapat memecah bingkai negara kesatuan yang telah disatukan sebagai bangsa terbesar didunia dengan bermacam suku dan bangsanya,” katanya.

Lampung Terus Berbenah
Salah satu wujud mengisi kemerdekaan, pembangunan di Lampung terus menggeliat. Seperti Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, Dermaga Eksekutif, Pengembangan Bandara Radin Inten II, dan daya saing Provinsi Lampung berada pada posisi 11 nasional.

“Tetapi kita tidak boleh lupa bahwa tantangan generasi sekarang cukup berat, tidaklah ringan dalam menjaga negara kesatuan kita. Generasi muda harus bersama-sama mempersiapkan diri, pada saatnya kalian akan mengambil alih tanggung jawab tegak berdirinya, maju dan kokohnya negara kesatuan Republik Indonesia,” urainya.

Ridho juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada putra putri terbaik Lampung yang menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Pasukan Pengawal (Paswal) Paskibraka pada HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Provinsi Lampung.

“Saya bersama pak Wagub mengucapkan terima kasih kepada Paskibraka dan Paswal yang bertugas dengan sangat baik, mulai dari pengibaran hingga penurunan bendera. Ini merupakan sejarah hidup kalian sebagai pengibar bendera pusaka HUT RI ke- 73 di Provinsi Lampung yang menjadi sekali seumur hidup,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi, Gubernur Ridho memberikan tali asih kepada Paskibraka dan Paswal HUT Kemerdekaan RI ke- 73 di Provinsi Lampung. Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Lampung, Hery Suliyanto dalam laporannya mengatakan Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 73 Tahun 2018 dimaksudkan sebagai wahana serta pemahaman bagi masyarakat akan makna serta nilai-nilai perjuangan dan cita-cita founding fathers dalam menegakkan kemerdekaan.

Semarak Pesta Dirgahayu
Dibagian lain, HUT Kemerdekaan RI ke- 73 di Provinsi Lampung dimeriahkan berbagai agenda kegiatan yang telah dilakukan, meliputi Senam Massal pada 10 Agustus 2018, Perlombaan Menyanyi, dan perlombaan tradisional yakni Egrang, Balap Karung dan Tarik Tambang.

Pada tanggal 1-17 Agustus 2018 dilaksanakan Donor Darah, tanggal 16 Agustus 2018 dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia di Ruang Sidang DPRD, Pengukuhan Paskibraka di Balai Keratun, dan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan.

Dan Tanggal 17 Agustus 2018, sejak pagi digelar Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka di Mahan Agung, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung.

Selanjutnya, Penyampaian Remisi dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Bandar Lampung, Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dan hingga malam ini dilaksanakan Resepsi Syukuran dan Pesta Rakyat serta Ramah Tamah dengan Paskibraka dilapangan PKOR Way Halim.

Kemudian pada Dan tanggal 28 Agustus 2018, Pemprov Lampung akan melaksanakan Bakti Sosial.

Pada Resepsi Syukuran dan Pesta Rakyat pada malam hari ini, turut dimeriahkan penampilan artis ibukota yakni Duo Gobas dan Ady eks Naff.(adv)