Halalbihalal di Pekon Way Tias, Warga Puji Kinerja Bupati Pesibar

KRUI – Berbagai Upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat untuk mensejahterakan masyarakatnya. Diantaranya melakukan pembukaan badan jalan dan pemasangan listrik.

Seperti yang dilakukan Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal beserta rombongan, baru-baru ini.

Bupati mengunjungi daerah paling selatan di kabupaten Pesibar. Kunjungan dalam rangka halal bihalal itu mendapat pujian dari seluruh lapisan masyarakat yang ada di Marga Belimbing, khususnya Pekon Way Tias, Kecamatan Bangkunat.

Dengan acara adat Saibatin Marga Belimbing, rombongan Bupati memasuki alam gemisehk. Sambutan hangat dari warga itu menandakan betapa bahwa masyarakat setempat mengakui bahwa Pemkab telah memberikan perhatian terhadap aspek-aspek yang dinilai penting dan membantu masyarakat.

Beberapa aspek tersebut diantaranya telah dibukanya badan jalan dari Way Heni menuju Way Tias atau Way Haru.

Atas upaya itu, Pemkab mendapat pujian dari masyarakat setempat. Seperti yang disampaikan Tasman, penduduk Pekon Way Tias.

“Empat tahun lalu daerah kami terisolir. Jangankan kendaraan roda empat, roda dua pun sangat sulit masuk ke Way Tias,” kenangnya.

Menurut Tasman, pembukaan badan jalan dari Way Heni (Sumber Rejo) menuju Way Haru telah membuka akses listrik (PLN) kepada warga empat pekon di Belimbing yaitu Pekon Way Tias, Way Haru, Siring Gading dan Bandar Dalam.

Pembukaan badan jalan menuju Marga Belimbing itu, kata Tasman, mampu menguatkan dan mendongkrak roda perekonomian masyarakat.

Senada dikatakan warga Pekon Bandar Dalam, Bahruddin. Ia ikut memuji kesediaan rombongan untuk datang ke Belimbing.

“Dengan perhatian yang diberikan mereka (Bupati dan rombongan),dengan menembuskan jalan dari Sumber Rejo-Way Haru,masyarakat Belimbing siap mendukung semua program Pemerintah Daerah,” ujar Bahruddin.

Sementara, Kabag Kesra Setda Pesibar menjelaskan, digelarnya Halal Bihalal di Way Tias, tak lain adalah keinginan masyarakat Way Tias. Kemudian, keinginan tersebut direspon dan dipenuhi oleh Bupati.

“Tujuan halalbihalal yaitu usaha mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya warga yang berada di Way Haru, Way Tias, Bandar Dalam dan Pekon Siring Gading (Marga Belimbing),” terang Herman.

Selain membuka badan jalan,pemerintah  Pesibar juga berupaya memasang jaringan PLN  di Kecamatan Pulau Pisang. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan roda perekonomian warga Pulau Pisang.

Belum lama ini Pemkab Pesibar telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan gardu hubung jaringan listrik bawah laut Kecamatan Pulau Pisang, di Pekon Pasar Pulau, Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Selasa (7/8/2018).

Peletakan batu pertama pembangunan gardu hubung listrik bawah laut itu lagi lagi mendapatkan dukukungan dan aplaus dari masyarakat setempat.

Pardi HS, saat diberikan kesempatan memberikan sambutan menyampaikan, sejak berpuluh tahun silam, masyarakat bermimpi listrik masuk ke Pulau Pisang. Karena tanpa adanya penerangan yang bersumber dari PLN di Pulau Pisang pembangunan akan terkesan lamban yang berdampak macetnya roda perekonomian,ucap Pardi HS.

“Bagi kami, masyarakat Kecamatan Pulau Pisang, sangat berterimakasih kepada Bupati Pesibar Agus Istiqlal dan Wakil Bupati Erlina atas masuknya listrik kabel bawah laut di Pulau Pisang,”ujar Ruslan (54), warga setempat.

Kemudian,  Manager PLN Rayon Liwa, Bayu Estu Wibowo menyampaikan pihaknya siap membantu jaringan listrik yang ada di Kabupaten Pesisir Barat terutama di Pulau Pisang.

Sementara,Bupati Agus Istiqlal dalam penyampaiannya mengatakan, dengan pembangunan jaringan listrik untuk masyarakat Pulau Pisang ini,  perlahan permasalahan pembangunan di Kecamatan Pulau Pisang akan teratasi.

“Satu saya minta,  jaga kelancaran pembangunan gardu induk di Pulau Pisang. Atas nama Pemkab Pesibar, saya mengucapkan terimakasih kepada warga yang mau menghibahkan tanah untuk pembangunan gardu induk jaringan listrik,” kata Bupati.

Hadir pada acara peletakan batu pertama pembangunan gardu penghubung,  Bupati Pesibar Agus Istiqlal,  Wakil Bupati Erlina, Kapolres Lambar AKBP Tri Suhartanto, Kapolsek Pesisir Utara AKP Suhairi, Camat Pulau Pisang Mizwar,  dan aparat pekon setempat. (ADV)