Anak Dusun Pulang Kampung

"Bang Salam" panggilan Darussalam (tengah pakai peci hitam, red) Cabup Kabupaten Tanggamus periode 2018-2023, saat mengembalikan berkas pencalonannya sebagai Cabup Tanggamus kepada tim penjaringan DPD PAN, baru-baru ini.

TANGGAMUS — “Anak Dusun Pulang Kampung”. Petikan kalimat tersebut terucapkan dari tokoh Tanggamus Darussalam yang mencalonkan diri sebagai Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Tanggamus periode 2018-2023.

Menurut Darussalam, ia merupakan asli putra daerah Tanggamus, lahir di Pekon Talang Sepur yang saat ini berubah menjadi Talang Sari, Kecamatan Air Naningan. Ia tumbuh dari kalangan keluarga petani kopi.

“Saya ini anak petani yang ingin memimpin Tanggamus. Saya ikut metik buah kopi, menanam padi di sawah. Nah karena itu, saya sangat tau susahnya rakyat kecil. Maka dari itu program saya jika menjadi bupati Tanggamus adalah mengikuti apa yang diinginkan masyarakat, demi mensejahterakan masyarakat,” kata pria yang karib disapa Bang Salam ini.

Bang Salam sangat optimis akan mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk mengusungnya sebagai cabup dari PAN Tanggamus. Rasa optimistis tersebut melihat hubungan emosionil yang terjalin sejak lama antara Bang Salam dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Bahkan sejak Zulkifli Hasan belum menjabat anggota DPR RI, hubungan silaturahmi tersebut terjalin baik dan semakin akrab, dikarenakan jabatannya saat itu sebagai ketua organisasi masyarakat Batang Hari Sembilan Lampung.

“Kemudian rasa optimis juga semakin tinggi, karena Ketua DPD PAN Tanggamus Tedi Kurniawan adalah satu daerah dengan saya. Jadi ada kesamaan program kami. Yang terpenting matahari PAN ini telah banyak menyinari Kabupaten Tanggamus, dan saya sangat yakin akan memberikan restunya kepada Bang Salam sebagai cabup dari PAN,” ujarnya.

Kemudian terkait dirinya (Bang Salam, red) sebagai Ketua DPC Gerindra Tanggamus, yang kemungkinan akan berkomunikasi politik dengan PAN menghadapi Pilkada Tanggamus. Tentu saja dirinya (Bang Salam, red) melakukan hal tersebut, karena program dan visi yang sama yaitu untuk memajukan Kabupaten Tanggamus.

“Komunikasi politik tentu saja sudah kami jalin bersama PAN karena program kita sama yaitu memajukan Kabupaten Tanggamus, jadi bisa saja kita berkoalisi dalam pilkada mendatang,” imbuh Bang Salam.(Ahmad/Feri).