Jajaran Menhub Diminta Tingkatkan Pelayanan

BANDARLAMPUNG – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi minta jajaran Perhubungan meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Pesan Menhub tersebut disampaikan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis pada Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di Dermaga B Pelabuhan Panjang, Bandarlampung.

Menurut Menteri, Sektor perhubungan memiliki peranan yang amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. “Untuk itu, segenap Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan dituntut untuk memperkuat komitmen dan dedikasi dalam bekerja keras yang nyata. Karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Hamartoni.

Hamartoni menyampaikan peringatan Harhubnas memiliki dua sisi manfaat yang tak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Sisi Manfaat pertama adalah terbentuknya jiwa korsa dan kebersamaan seluruh anggota Keluarga Besar Sektor Perhubungan. Manfaat kedua adalah terciptanya apresiasi positif stakeholder dan masyarakat terhadap organisasi dan insan perhubungan dalam upaya peningkatan keselamatan dan pelayanan jasa transportasi.

“Peringatan Harhubnas merupakan momentum tepat untuk merenungkan kinerja kita dan menyatukan persepsi serta tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, Hari Perhubungan Nasional bertemakan Guyub Rukun Bangun Bangsa, bertujuan untuk mempresentasikan bagaimana seluruh elemen sektor Perhubungan baik ASN maupun swasta dan masyarakat bersama-sama guyub rukun bersinergi membangun konektivitas guna mewujudkan transportasi yang handal dan berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam pesan Menhub itu, Hamartoni menjelaskan keberhasilan pembangunan pemerintahan tidak akan berhasil tanpa disertai jiwa kebersamaan dan gotong royong. Gotong royong merupakan akar dari kebudayaan kita sebagai perwujudan harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial tanpa membedakan suku bangsa dan agama. “Selain itu, terciptanya apresiasi positif stakeholder dan masyarakat terhadap organisasi dan insan perhubungan yang saat ini terus menerus berubah untuk menjadi lebih baik dalam upaya peningkatan keselamatan dan pelayanan jasa transportasi” jelasnya.

Saat ini, Dephub mengembangkan SDM Perhubungan dengan Talent Pool System dengan program Reform Leadership Training. Dephub juga telah melakukan penilaian pelayanan prima sektor transportasi sebagai langkah strategis untuk mendorong perbaikan penyelenggaraan pelayanan masyarakat.

Hamartoni berharap peringatan Harhubnas dapat menjadi wahana untuk meningkatkan prestasi, serta memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan segenap insan Perhubungan di manapun berada. Dan semoga semangat Harhubnas ini dapat meningkatkan jiwa korsa dan memberi semangat kerja yang berarti bagi pembangunan transportasi di seluruh pelosok Tanah Air. (rls)