Catar Akpol Polda Lampung Lolos 100 Persen

BANDARLAMPUNG – Untuk pertama kalinya, sepuluh orang calon taruna (catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Ajaran 2017 dari Polda Lampung lolos seratus persen seleksi tingkat pusat. Makin membanggakan lagi saat salah satu catar bahkan meraih peringkat III nasional.

“Hasil membanggakan ini semoga menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa proses seleksi Polda Lampung benar-benar clear and clean bahkan bisa menjadi kebanggaan di tingkat Nasional. Hasil ini tolong dipertahankan dan bahkan bisa ditingkatkan untuk mencapai hasil yang lebih maksimal, ” kata Kapolda Irjend Sudjarno di Mapolda Lampung, Jumat, 4 Agustus 2017.

Tahun ini Polda Lampung mengirimkan sepuluh orang putra terbaik Lampung yang dinyatakan lolos seleksi tingkat daerah untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Semarang. Terdiri dari sembilan catar pria dan satu catar wanita. Semuanya dinyatakan lolos memperoleh kursi taruna Akpol TA 2017 setelah melalui tahapan test yang ketat berhadapan dengan putra-putri terbaik dari seluruh Indonesia.

Untuk pertama kalinya juga, dari sepuluh catar tersebut, catar Sulthan Ali Ahmad Zulfikar berhasil meraih peringkat III nasional. Bertambah bangga saat catar Ketut Yulio Saputra juga dinyatakan meraih peringkat 7 terbaik dalam bidang akademis.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan elemen yang terlibat dalam proses penerimaan catar Akademi Kepolisian. Terima kasih banyak kepada kepercayaan masyarakat atas seluruh proses seleksi. Semoga putra-putri terbaik kita memberikan kemampuan terbaik mereka selama pendidikan dan mengharumkan nama Lampung, ” lanjut Sudjarno.

Sepuluh catar tersebut merupakan catar terpilih dari 164 orang pendaftar yang mengikuti seleksi penerimaan tingkat daerah. Jumlah tersebut menyusut setiap melewati tiap tahapan test menjadi sepuluh orang yang dinyatakan berhak membawa nama Polda dan Provinsi Lampung mengikuti seleksi tingkat pusat. Sebulan lebih bertarung ditingkat nasional, sepuluh putra terbaik yang dikirimkan itu mampu unjuk gigi. (rilis)