Cuma Ingin Jadi ‘Satu’, Anna Sebut Kriteria Wakil Walikota

METRO – Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda memastikan akan maju pada kontestasi Pilkada Kota Metro 2020 mendatang. Namun ia belum bisa menceritakan siapa yang bakal mendampinginya sebagai wakil.

Meski belum bisa menyebut nama, Ketua DPC PDIP Metro ini rupanya sudah memiliki kriteria sosok yang diincar menjadi pasangannya. Anna mengatakan ingin mencari sosok pasangan yang memiliki visi dan misi yang sama untuk membangun Bumi Sai Wawai.

“Instruksi partai maju Pilkada sebagai Walikota. Jadi satu ya, bukan dua. Kalau untuk pasangan belum ada nama. Tapi mencari yang memiliki visi dan misi yang sama. Jika sudah memiliki kesamaan itu, barulah bisa memulai pembicaraan lebih lanjut,” kata Anna, Kamis (15/8/2019).

Visi misi tersebut, lanjut Anna, seperti yang disampaikan Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarno Putri pada kepada kader dalam Kongres lalu. Dimana Ketum PDIP mengajak para kader untuk membumikan Tri Sakti Bung Karno.

“Membumikan Tri Sakti Bung Karno yang pertama adalah berdaulat dibidang politik. Kita saat ini sudah berdaulat, sudah merdeka, kedua hal ini adalah jembatan emas yang jika tidak dibarengi dengan kordinasi yang baik antara daerah, provinsi, dan pusat hal-hal yang ingin diwujudkan Bangsa Indonesia atau daerah tidak akan terwujud,” urai Anna.

Kedua, lanjut Anna, berdikari dalam bidang ekonomi, seperti yang sudah dilakukan kader-kader PDIP di daerah, yaitu Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Langkah ini dapat dilakukan juga di daerah lain, bagaimana masyarakat menjadi motor penggerak dan pemerintah menjadi regulator sehingga mampu mendorong ekonomi masyarakat menjadi mandiri.

“Ketiga, secara nasional setelah pemerintah fokus pada pembangunan infrastruktur. Periode kali ini Presiden akan fokus pada pembangunan SDM. Karena dengan SDM yang mumpuni akan mampu membangun peradaban baru. Kemudian peradaban baru akan membangun budaya baru yang berbangsa Indonesia, berkarakter bangsa Indonesia. Dengan kuatnya budaya Indonesia dan tingginya SDM, maka tujuan pembangunan pasti tercapai,” tukasnya. (Arby)