Dukung Pelaku Usaha Kecil

SELAIN dikenal sebagai aktifis partai politik (parpol), ternyata Afriadi Alwi juga sangat peduli dengan para pelaku usaha mikro dan kecil di Provinsi Lampung. Alasannya sektor ini merupakan salahsatu solusi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung. Hal ini sekaligus untuk mengurangi tingginya angka pengangguran dengan cara memprioritaskan berbagai jenis usaha ekonomi kreatif bagi masyarakat kecil.

“Para pelaku usaha mikro dan kecil tersebut seharusnya bisa menjadi perhatian dan mendapat dukungan kita semua,” ujar Afriadi Alwi, yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Indonesia (HIPMIKINDO) Provinsi Lampung tersebut, kemarin.

Alasannya para pelaku usaha ini urai Afriadi Alwi dapat menimbulkan multiplier effect yang luar biasa. Misalnya dalam mengubah karakter masyarakat untuk memiliki jiwa entrepreneur. Sehingga bisa tercipta pengusaha baru. Ini semuanya nanti dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

“Untung sekarang lagi momen pemilihan kepala daerah (pilkada), dimana Lampung akan mengggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018 mendatang. Sudah seharusnya para kandidat yang nantinya akan maju, dapat mengedepankan perhatiannya pada pelaku usaha kecil. Misalnya dengan mengadakan program pelatihan, menyediakan pasar untuk menjual hasil produksi, sehingga para pelaku ekonomi kreatif dapat terakomodasi. Daripada bersosialisasi yang sifatnya hura-hura dan tidak ada manfaatnya bagi masyarakat,” jelas dia.

Bahkan termasuk, pemberian pinjaman atau modal usaha. Alasannya hal ini lebih bermanfaat dan dapat mendidik mental masyarakat untuk berusaha secara mandiri.

“Dari pada bagi-bagi sembako gratis. Ini sosialisasi yang tidak mendidik dan merusak mental masyarakat. Saya ingin para cagub nantinya dapat mengedepankan cara-cara elegan yang sifatnya dapat memancing kreatifitas masyarakat untuk berwirausaha secara mandiri,” harapnya.(red)