Himbauan Zulkifli Hasan

MEMBACA statment Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan yang mengingatkan seluruh masyarakat agar tidak memilih pemimpin khususnya kepala daerah karena uang membuat saya bangga. Hati saya sangat tersentuh dan terharu membaca himbauan mulia tersebut. Seolah-olah saya seperti sudah lama mengenal beliau yang sehari-hari juga berstatus sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) tersebut.

“Jangan pilih pemimpin karena uang. Pilihlah pemimpin karena track record-nya yang baik,” demikian ungkap Zulkifli Hasan pada acara Kongres III Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Himapol) se-Indonesia di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, belum lama ini.

Menurutnya, dia sangat percaya demokrasi tanpa korupsi bisa terwujud dengan pendidikan politik pada masyarakat. Mahasiswa tambah dia, seharusnya terus mengampanyekan pentingnya memilih pemimpin berdasarkan integritas dan kapasitasnya, sesuai amanat dari nilai-nilai Pancasila.

Lalu bagaimana dengan kondisi di Lampung ? Tentu saja saya pun harus berprasangka baik. Bahwa pernyataan Zulkifli Hasan ini juga sudah beliau terapkan di Lampung, bumi kelahirannya. Bahwa sebagai pemimpin beliau sudah menjalankan kesesuaian antara sikap, perkataan dan perbuatan.

Seperti misalnya sebagai Ketua DPP PAN. Zulkifli Hasan kini telah menunjuk Arinal Djunaidi sebagai Calon Gubernur (Cagub) Lampung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung tahun depan. Dan saya sangat berharap penunjukan ini dilatarbelakangi karena ketokohan, kearifan dan kebijaksanaan.

Semata lantaran rekam jejak Arinal Djunaidi yang sangat baik. Bukan semata karena ada kekuatan finansial atau backing pengusaha seperti isu yang berkembang selama ini. Dimana ada perusahaan kakap PT. Sugar Group Companies (SGC) di belakangnya.

Dan andai pun nantinya ada di kalangan pembaca semua yang memiliki pandangan berbeda dengan saya atau Zulkifli Hasan, khususnya dalam penilaian terhadap sosok sang Cagub tersebut, saya mohon dengan sangat jangan sampai untuk menghujat. Cukup doakan saja, agar saya atau Zulkifli Hasan sama-sama diberikan hidayah. Sehingga dapat memilah mana emas mana loyang.(wassalam)