Tak Punya KTP, Ratusan Napi tak Mencoblos

METRO – Sebanyak 118 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Metro menyalurkan hak pilihnya pada pemilu serentak 2019 yang dilaksanakan di Aula Lapas setempat, Rabu (17/4/2019).

”Iya tadi kita persiapan dari pukul 07.00 WIB. Tetapi baru kita mulai pukul 08.00 WIB. Dan Alhamdulillah pemilihan disini berjalan tertib dan lancar,” kata Kalapas Metro, Ismono.

Ia mengaku, pihaknya sebelumnya mendaftarkan 98 warga binaan untuk memilih, namun karena sebagian besar warga binaan sudah bebas, DPT di Lapas Metro hanya tinggal 55 orang.

”DPT kita 55 ditambah DPTb 63 orang. Jadi total semuanya yang menyalurkan hak pilihnya sebanyak 118 orang,” ucapnya.

Ismono menjelaskan, total penghuni Lapas Metro sebanyak 582 orang, namun sebagian besar penghuni Lapas bukan warga Kota Metro, tetapi dari seluruh kabupaten di Provinsi Lampung.

Ia menambahkan, untuk warga binaan dari daerah lain, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPPS diwilayah masing-masing, namun warga binaan tersebut tetap tidak bisa memilih karena terkendala tidak ada KTP.

”Tapi sebagian tadi ada keluarga yang mengantarkan KTP. Jadi In Sya Allah mereka masih bisa memilih nanti,” tandasnya. (Arby)