Pohon Tumbang Timpa Bangunan dan Kendaraan di Masjid Taqwa Metro

METRO – Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Kota Metro mengakibatkan sebuah pohon di halaman Masjid Taqwa Metro roboh dan menimpa bangunan serta kendaraan dibawahnya, Jum’at (7/12/2018).

Saksi mata diseputar tempat kejadian menuturkan, hujan lebat disertai angin kencang tersebut berlangsung sekira pukul 15.30 hingga 16.30 WIB.

“Habis Ashar mulai hujan deras itu, terus angin kencang. Tiba-tiba suara gemuruh pohon roboh di parkiran belakang, terus menimpa tempat istirahat sama parkir motor marbot yang di belakang,” ucap Agus, jama’ah masjid setempat.

Atas robohnya pohon tersebut, Heryadi warga Metro yang juga merupakan anggota komunitas Ayo Cinta Masjid (ACM) mengungkapkan kekecewaan terhadap dinas terkait karena lamban dalam menangani pohon yang roboh.

“Harusnya Dinas Tata Kota langsung memotong sebagian batang pohon, biar tidak roboh seperti ini,” katanya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, berdasarkan penuturan marbot Masjid Taqwa, diduga terdapat dua orang yang menjadi korban luka akibat insiden tersebut. Namun pihaknya belum mengetahui pasti siapa yang menjadi korban, tapi diketahui yang bersangkutan merupakan pekerja di Dinas Kebersihan yang saat itu sedang beristirahat.

Sementara itu, Wakil Walikota Metro Djohan yang juga melihat langsung evakuasi pohon dan kendaraan yang tertimpa bangunan menyampaikan, insiden pohon tumbang di Masjid Taqwa harus dijadikan pelajaran.

“Tolong, nanam pohon gampang tapi peliharaannya harus diperhatikan. Pohon-pohon banyak yang sudah rimbun harus dipangkas. Kalau sudah membahayakan, ya potong. Dari kejadian ini kita ambil pelajarannya. Mudah-mudahan setelah ini ada kebijakan apa itu dari pak wali ya,” tandasnya.

Dari pantauan media, BPBD dan Dinas Tata Kota sedang melakukan evakuasi pohon. Tiga buah kendaraan bermotor juga tertimpa oleh bangunan yang roboh. (Arby)