Metro Raih WTP Lima Tahun Berturut

METRO – Pemerintah Kota Metro kembali menerima penghargaan atas pencapaian opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut, yaitu dalam kurun waktu 2013 hingga 2017.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2018 di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Dengan mengambil tema “Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat untuk Indonesia Kuat” Rakernas dibuka oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang hadir dengan beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Kerja.

Mewakili pemerintah, Sri Mulyani  memberikan apresiasi bagi Kementerian atau Lembaga dan Pemda yang telah meningkatkan kualitas pelaporan keuangannya.

Untuk 2017, jumlah Kementerian dan Lembaga yang memperoleh opini WTP dari LHP BPK meningkat menjadi 79 entitas dari sebelumnya 73 entitas pada tahun 2016. Sementara Pemerintah Daerah yang mendapatkan WTP menjadi 411 Pemda, ini meningkat dibanding tahun sebelumnya dengan hanya 374 Pemda.

Sri Mulyani juga meminta agar capaian Pemerintah Pusat dan Daerah yang baik tersebut tidak lantas membuat kinerja pemerintahan dan lembaga puas diri.

“Capaian laporan keuangan yang mayoritas WTP ini harus menjadi motivasi bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk selalu meningkatkan kinerjanya,” pesannya.

Pada Rakernas ini, Pemerintah juga memberikan penghargaan bagi 93 institusi baik dari Kementerian Negara/Lembaga maupun Pemerintah Daerah Provinsi, Kota, dan Kabupaten yang mendapat opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yaitu WTP sebanyak 5 kali berturut-turut.

Kota Metro menjadi salah satu Pemerintah Daerah dari 93 institusi penerima penghargaan dalam acara tersebut, karena Pemerintah Kota Metro telah berhasil mempertahankan opini WTP selama 5 tahun berturut-turut. Penghargaan diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan diterima langsung oleh Walikota Metro Achmad Pairin.

“Semoga penghargaan ini menjadi penambah motivasi kita bersama untuk terus membangun Kota Metro menjadi lebih baik lagi,” pungkas Walikota Metro Achmad Pairin. (Arby)