Moeldoko: Negara Ada Aturan, Honorer Jangan Maksa Jadi PNS

Jakarta – Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko  mengimbau pekerja honorer tidak memaksakan kehendak jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebab, untuk menjadi PNS perlu sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

“Jadi enggak bisa memaksakan kehendak. Negara ini ada aturannya kok,” kata Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pekan lalu.

Mantan Panglima TNI ini menyerahkan permasalahan ini kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin. Sehingga, kata dia, ada solusi yang terbaik bagi para pekerja honorer. “Menteri teknis nanti akan cari solusi,” ucap Moeldoko.

Yang pasti, kata dia, pekerja honorer harus memahami dan menaati peraturan yang ada untuk menjadi PNS.

“Intinya bahwa harus ada pemahaman bersama, tidak bisalah itu, honorer semua harus jadi pegawai negeri, nanti gimana orang menjadi pegawai negeri itu ada persyaratannya, ada standar yang harus dipenuhi dan seterusnya, juga termasuk usia,” tandas Moeldoko.

Sebelumnya ribuan guru honorer mogok kerja di beberapa daerah. Pasalnya, mereka tak memenuhi syarat usia dan tingkat pendidikan untuk mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.(net)