Metode Swakelola PUPR Mesuji Dinilai Efektif dan Efisien

MESUJI — Dalam rangka “belajar” pembangunan secara swakelola, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanggamus melaksanakan studi banding ke Mesuji. Sebelumnya, Pemkab Tulang Bawang Barat dan Pemkab Tulang Bawang yang melakukannya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Tanggamus, Ari Yudha Ari mengaku kagum karena penerapan metode swakelola dianggap lebih efektif dan efisien.

“Kami memantau dari media sosial tentang pembangunan swakelola di Mesuji. Sangat mengagumkan. Untuk itu kami berkunjung langsung,” ujar Ari, Kamis (05/09).

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mesuji Najmul Fikri mengatakan Pemkab Mesuji terbuka untuk Pemda yang lain. “Pemkab Mesuji terbuka bagi Pemda lain untuk bertukar ilmu dan pengalaman,” ucapnya.

“Mengawali kegiatan kunjungan studi banding kami paparkan skema pembangunan. Selanjutnya baru menuju lokasi pembangunan lean concrete ruas jalan Desa Muara Tenang, pembangunan drainase di ruas jalan Desa Budi Aji – Mukti Karya, dan terakhir meninjau pemasangan box culvert untuk jembatan dan pengecoran pelebaran ruas jalan Simpang Pematang – Budi Aji”, pungkasnya. (Rls)