Korban Banjir Pesisir Barat dibuatkan Dapur Umum

KRUI– Ratusan Warga Pekon Mandiri Sejati, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat yang rumahnya terendam banjir Rabu malam (11/10) akan dibuatkan dapur umum. Kepastian ini diungkapkan Agus Istiqlal ,Bupati Pesisir Barat (Pesibar), saat melakukan peninjauan bencana alam putusnya jalan negara yang menghubungkan Pesibar –Bandarlampung.

Menurutnya Pemkab Pesibar akan terus melakukan pembuatan jalan darurat atau jembatan darurat serta melakukan pengkajian terkait putusnya jalan tersebut. Selain itu dia telah memerintahkan dinas terkait melakukan pembuatan dapur umum yang diperuntukkan bagi warga yang rumahnya terendam banjir. Selain itu pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Lampung terkait langkah yang akan ditempuh. Yakni apakan akan dibuat jembatan atau ditimbun. Sebab kalaupun ditimbun dikuatirkan akan tergerus air jika kembali terjadi hujan.

“Kami akan segera membuatkan jembatan atau jalan darurat supaya dapat dipergunakan masyarakat Pesibar yang ingin ke Bandarlampung atau sebaliknya,” katanya.

Selain melakukan peninjauan jalan yang terputus, Agus juga menyempatkan diri mengunjungi dan berdialog dengan warga yang rumahnya terendam banjir.

Sementara itu salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir mengaku dirinya bersama warga lainnya mengalami kerugian akibat peristiwa ini. Diantaranya hewan ternak yakni ayam mati akibat genangan air. Menurutnya banjir terjadi pada pukul 23.00 WIB disaat warga sedang terlelap tidur.

“Beruntung hanya harta benda saja yang terendam,”terang M Yuzir, warga Mandiri Sejati.
Hingga berita ini ditulis puluhan petugas pemadam kebakaran terus melakukan penyedotan air yang menggenangi rumah warga. (agustiawan)