Kapolda Membuat Tantangan Untuk Tim Anti Begal, Ini Katanya

METRO – Guna memberikan rasa nyaman di masyarakat, Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si menantang Kepolisian Resor Metro untuk menciptakan situasi aman dan kondusif dengan memastikan tidak ada peristiwa kriminalitas menjelang, selama, dan usai perayaan Idul Fitri.

Tantangan untuk menciptakan rasa aman tersebut disampaikan Kapolda dalam arahannya kepada Tim Khusus Anti Begal Polres Metro saat meninjau Pos Pengamanan Operasi Ketupat Krakatau 2018 yang bertempat di halaman makam pahlawan kota setempat, Kamis (14/6/2018) dini hari.

Dalam arahannya, Kapolda mengapresiasi keberadaan Tim Khusus Anti Begal Polres Metro. Dirinya mengimbau bahwa setiap anggota tim tidak ragu dan takut dalam menindak pelaku kejahatan.

“Saya bangga dengan kalian. Kalian terpilih sebagai bagian dari Tim Anti Begal. Tim ini dibentuk untuk memastikan rasa aman di masyarakat, baik selama lebaran, sesudah lebaran maupun seterusnya. Karena keamanan menjadi mutlak pekerjaan kita.  Keamanan adalah nilai jual kita. Polisi harus memastikan bahwa kita bisa berikan rasa aman di masyarakat. Dan kalianlah yang terpilih untuk menindak para begal, tidak usah takut sehingga masyarakat tidak khawatir dan takut terhadap begal,” paparnya dihadapan para anggota Polri.

Orang nomor satu di jajaran Kepolisian Daerah Lampung ini juga meminta wilayah hukum Polres Metro aman tanpa adanya peristiwa apapun hingga usai lebaran.

“Kalau mereka berbuat kacau di daerah kalian (Metro), harus di kejar dan bikin mereka kabur dari Metro. Saya lihat buktinya, mulai hari ini sampai sesudah lebaran dan selesai operasi tidak ada kejadian,” ucap Irjen Suntana.

Selain keamanan, pria lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 ini juga meminta anggota Polri yang bertugas di Polres Metro untuk tidak tidur saat bertugas.

“Jangan tidur, bagi tugas dan patroli keliling. Kalau ada informasi apapun, langsung kejar dan jangan mudah menyerah. Itu bukti dan bakti kita kepada masyarakat, dan masyarakat menanti itu. Kalau kalian ada kesulitan, minta back up Polda. Polda akan turun untuk membantu kalian. Sekali lagi saya bangga dengan kalian dan saya membutuhkan serta menunggu kiprah kalian di lapangan. Kalian harus bersaing dengan Polres lainnya bahwa kalian mampu memberikan rasa aman di masyarakat,” pungkas Kapolda.

Menanggapi arahan tersebut, Kasat Reskrim Polres Metro AKP Try Maradona, mewakili Kapolres Metro AKBP Umi Fadillah Astutik menyampaikan, pihaknya menyanggupi tantangan Kapolda untuk menciptakan rasa aman di masyarakat Bumi Sai Wawai.

“Kedatangan Kapolda untuk memotivasi seluruh anggota yang bertugas dilapangan. Dan kami siap menerima perintah tersebut, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan keamanan di wilayah hukum Polres Metro,” tandasnya. (Arby/Fer)