Wagub Bachtiar Dorong Metro jadi Kota Pendidikan

METRO—- Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menghadiri Rapat Paripurna Istimewa yang di gelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-81 Kota Metro tahun 2018, di Ruang Sidang DPRD Kota Metro pada Senin, (25/6/2018). Dalam sambutannya Bachtiar Basri mengimbau seluruh masyarakat Kota Metro agar dapat bersama-sama membangun dan memajukan Kota Metro melalui momentum hari jadi Kota Metro ke-81, termasuk menjadikan Metro sebagai Kota Pendidikan.

“Melalui kesempatan ini, Pemerintah Provinsi selalu mendukung upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Metro, Dan sangat mensupport agar dapat terealisasi menjadi kota pendidikan. Metro dinilai memang sudah pantas untuk menjadi sebuah kota pendidikan, apalagi dengan dilalui oleh jalan tol kedepan menjadi kota yang sangat strategis oleh karena itu baik pemerintah maupun masyarakat harus dapat bersinergi dan bekerja keras untuk mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan,” ujar Wagub Bachtiar.

Wagub berharap masyarakat Metro juga dapat bersama-sama melakukan evaluasi mengenai keberhasilan, kegagalan, kelemahan, hambatan, tantangan serta peluang bagi Pemprov Lampung, Pemda Metro ataupun masyarakat. Sebab, kata Bachtiar, pembangunan Provinsi Lampung saat ini berjalan sangat dinamis, yang diikuti dengan kemajuan setiap lintas sektoral pembangunan. Hal ini juga ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai, potensial serta kompetitif. Metro juga dapat turut menjadikan Lampung sebagai Provinsi yang selalu bergerak maju dalam roda pembangunan.

Pada bagian lain, Wagub menyampaikan bahwa pada 27 Juni 2018 mendatang masyarakat akan terlibat dan ikut serta dalam hajat besar daerah yaitu pemilihan kepala daerah serentak untuk itu diharapkan kepada jajaran Pemerintah Kota Metro beserta masyarakat, untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada demi kelancaran dan kesuksesan proses demokrasi dalam kelangsungan pembangunan dan pemerintahan di Provinsi Lampung 5 (lima) tahun mendatang.

Sementara itu, Walikota Metro Achmad Pairin menyampaikan sebagai sebuah kota dengan visi Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga, Kota Metro berbasis ekonomi kerakyatan berlandaskan pembangunan partisipatif. Tentu saja dengan kondisi itu, kata Pairin, Metro memiliki karakteristik dan pola pembangunan yang berbeda dari daerah lain yang berstatus Kabupaten. Hal ini berkaitan dengan luas wilayah, infrastruktur yang tersedia, karakteristik masyarakat, konsentrasi pembangunan, dan lain sebagainya.

”Dengan semangat hari ulang tahun Kota Metro ke 81 tahun 2018 ini, yaitu “Dengan Semangat Hari Jadi Kota Metro ke-81 Tahun 2018 Kita 4 Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Mewujudkan Kota Yang Berdaya Saing”, Pairin mengajak semua elemen masyarakat, termasuk aparatur pemerintahan, lembaga legislatif, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, tokoh pemuda, dan semua masyarakat di setiap bidang profesi, meningkatkan kreativitas sikap, prilaku dan budaya kerja keras, guna membentuk karakter masyarakat

“Kota Metro lebih unggul dan beradab. Demi kesejahteraan bersama Bapak Wakil Gubernur, Pimpinan dan Anggota DPRD Anggota Forkopimda serta Hadirin yang berbahagia Pemerintah Kota Metro akan terus menerapkan tatakelola pemerintahan yang melayani, baik, dan bersih, dengan dukungan Aparatur Sipil Negara yang ada di Kota Metro, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan secara transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda dan dihadiri oleh 25 orang anggota DPRD Kota Metro. Dalam rangkaian Rapat Paripurna tersebut terdapat pemutaran film sejarah berdirinya Kota Metro. (rls)