Gubernur Ridho Raih Penghargaan Anubhawa Sasana dari Kemenkumham

BANDAR LAMPUNG —Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menerima penghargaan Anubhawa Sasana dari Kementrian Hukum dan HAM ( KumHAM) atas prestasinya dalam membina dan mengembangkan Desa Sadar Hukum di Provinsi Lampung.

Pemberian penghargaan akan dilakukan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly bersamaan dengan peresmian 30 Desa Sadar Hukum yang telah dibina oleh Pemerintah Provinsi Lampung dan KemenkumHAM selama empat tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Lampung Bambang Haryono usai beraudiensi dengan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis di Ruang Kerja Sekda Kantor Gubernur Provinsi Lampung Juma’t, 7 September 2018.

Menurut Bambang, sepanjang kepemimpin Gubernur Ridho, Pemerintah Provinsi Lampung telah berhasil membina 30 Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang tersebar di 21 Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Pringsewu, Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Barat.

Bambang Haryono juga menyampaikan rencana kunjungan Mentri Yasonna Laoly beserta rombongan terkait pemberian penghargaan tersebut. “ Pemberian penghargaan akan dilakukan langsung oleh Pak Mentri, bersamaan dengan peresmian 30 Desa sadar hukum yang telah dibina oleh Pemerintah Provinsi Lampung dan KemenkumHAM selama empat tahun ini” kata Bambang.

Pembentukan desa/ kelurahan sadar hukum diawali dengan penetapan suatu desa/ kelurahan yang telah mempunyai kelompok keluarga sadar hukum (Kadarkum) menjadi desa atau keluarga binaan.
Hal ini berdasarkan peraturan Kemenkumham Nomor: PHN.HN.03.05-73 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum dan Kelurahan/Desa Sadar Hukum .

Dijelaskan juga oleh Bambang Haryono bahwa kehadiran Mentrikumham selain meresmikan Desa Sadar Hukum juga akan mengukuhkan pelajar – pelajar dari Sekolah Menegah Atas ( SMA) yang tergabung dalam Organisasi Siwa Intra Sekolah ( OSIS) sebagai duta HAM.

Rangkaian peresmian Desa Sadar Hukum dan pengangkatan pelajar menjadi duta HAM direncanakan di Hotel Novotel, Garuntang, Jalan Gatot Subroto, Bandarlampung. Acara ini akan dihadiri Bupati / Wali Kota Se- Provinsi Lampung, Forkopimda dan Kepala desa / Lurah se-Lampung. (rls)