TNI-Polri Telah Bentuk Tim Amankan TPS Saat Pencoblosan

METRO – Kapolres Metro AKBP Ganda MH Saragih mengatakan Polres Metro dan Kodim 0411/Lampung Tengah sudah membentuk tim khusus untuk pengamanan TPS pada saat pencoblosan.

“Tadi sudah dibentuk tim ke lima kecamatan di Kota Metro untuk pengamanan di TPS. Dengan memperhitungkan jarak tempuh di Kota Metro yang dekat,” kata Kapolres usai pelepasan logistik Pemilu 2019 di Gedung Olahraga Kota setempat, Minggu (14/4/1019).

Ia menyampaikan, personil gabungan TNI dan Polri siap diterjunkan untuk melakukan pengamanan di 465 TPS di Kota Metro.

“Pola pengamanan di Metro adalah 2, 8, 16. Maksdunya, dua anggota Polri untuk delapan TPS ditambah 16 linmas. Dan sesuai arahan Mabes TNI, tentara dilibatkan dengan jarak 50 meter dari TPS, serta pengamanan objek vital,” kata Dia.

Menurutnya, saat ini pihak kepolisian dan TNI tengah melakukan pengamanan pendistribusian logistik pemilu hingga sampai ke tingkat PPK.

“Kita akan kawal logistik ini sampai ke PPK. Mudah-mudahan lancar dan logistik ini sampai ke tingkat PPK dengan aman. Besok TNI dan Polri akan melakukan pergeseran pasukan,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini yang harus diwaspadai yakni berita hoax. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menkroscek kebenaran berita sebelum disebarkan.

“Kita harus lawan, harus tangkal berita hoax, dengan cara kita saring sebelum kita sharing,” tandasnya. (Arby)