Hari Pertama Masa Tenang, PKS Metro Copot APK

METRO – Memasuki hari pertama masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Metro mulai mencopoti Alat Peraga Kampanye (APK) miliknya.

Ketua DPD PKS Metro, Ahmad Khuseini menyebutkan, penertiban dilakukan berdasarkan himbauan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota setempat yang meminta partisipasi seluruh elemen Partai Politik (Parpol) dalam melakukan penurunan APK.

“Yang pertama berdasarkan intruksi bawaslu semalam bahwa mulai hari ini di minta untuk melakukan penertiban seluruh APK partai dan caleg. Sehingga PKS pada kesempatan hari ini dan dimulai pagi tadi dari jam 9, diseluruh kecamatan kami sudah mulai melakukan penurunan APK baik caleg maupun dalam bentuk partai,” ucapnya kepada awak media saat berlangsungnya penertiban APK PKS di sepanjang Jl. Pattimura, Kel. Banjarsari, Kec. Metro Utara, Minggu (14/4/2019).

Ia mengatakan, penertiban di hari pertama itu dilakukan dengan harapan agar terciptanya pemilu yang aman, damai dan sejuk di Bumi Sai Wawai.

“Kita ingin juga pemilu hari ini tentu berjalan dengan damai, aman, lancar dan tentunya sejuk sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dan PKS ingin terdepan tentang bagaimana memulai pemilu yang damai dan tidak ada sesuatu yang membuat suasana demokrasi tercidrai. Insyaallah PKS menjadi garda terdepan untuk bagaimana demokrasi ini berjalan dengan baik,” ujarnya Ahmad Khuseini.

Dirinya mengungkapkan, hingga kini telah terdapat ribuan APK yang berhasil di tertibkan. Pihaknya menargetkan hingga tanggal 16 April 2019 mendatang seluruh APK PKS steril dan tidak terpasang di badan jalan maupun tempat-tempat keramaian hingga halaman rumah warga Kota Metro.

“Sudah ada ribuan APK PKS di Kota Metro yang hari ini sudah cukup banyak yang kita lepas dan turunkan. Target kita sampai dengan malam nanti, khususnya di jalan-jalan utama sudah steril. Baru besok kita lanjutkan untuk menyelesaikan di jalan-jalan yang masuk ke dalam, sehingga H-1 target kita semua sudah steril baik bendera maupun APK lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kordiv PHL Bawaslu Kota Metro Hendro Edi Saputro menyampaikan bahwa di hari pertama masa tenang ini baru terdapat Empat parpol yang melakukan penertiban. Penurunan APK tersebut dimulai dari Kec. Metro Utara.

“Hari ini sudah kita mulai penertiban APK yang di pasang oleh partai politik. Terutama di jalan-jalan protokol dan ini sudah dimulai dari metro utara. Sesuai dengan surat edaran yang kita sampaikan ke parpol baru ada 4 partai yang sudah mengkonfirmasi kami untuk menurunkan APK nya hari ini. Diantaranya, ada partai Nasdem, PKS, PDI dan PKB,” tandasnya.

Diketahui, masa tenang kampanye pemilu 2019 dimulai sejak tanggal 14 hingga 16 April 2019. (Arby)