SMAN 1 Metro Borong Juara OSN Tingkat Kota  

METRO – Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Metro berhasil memborong juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Metro Tahun 2019. Perolehan prestasi tersebut menambah daftar deretan pengharagaan yang mampu ditorehkan sebagai pembuka awal tahun 2019.
 
Kepala SMAN 1 Metro Dra. Purwaningsih mengatakan bahwa pencapaian prestasi ini merupakan buah hasil kerja keras dewan  guru, siswa dan keluarga besar SMAN 1 Metro. 

“Jadi dari 9 mata pelajaran (Mapel) yang dilombakan anak didik kita berhasil meraih juara I dengan membawa 9 emas mampu diboyong siswa SMAN 1 Metro,” ungkapnya,belum lama ini.
 
Kemudian, kata Purwaningsih masih ada beberapa mapel yang peringkat 5 terbaiknya diraih seluruhnya oleh siswa SMAN 1 Metro yakni mata pelajaran ekonomi, dan pelajaran kebumian.
 
“Ya upaya pencapaian prestasi ini tentu berkat dukungan keluarga besar SMAN 1 Metro, yang sungguh-sungguh mempersiapakan siswa dengan mental juara. Kita awali guru pembina mapel yang memiliki komitmen baik, dan komitmen tinggi memberikan waktu dan perhatian pendampingan terhadap siswa-siswi,”imbuhnya.
 
Wanita yang dikenal ramah ini meyakini bahwa siswa-siswi juga memiliki komitmen dan solid, dalam mememberikan perhatiannya untuk mata pelajaran yang diikuti.
 
“Jadi dari siswa kita yang masuk kedalam kelompok Olimpiade Sains tersebut, itu kita bina secara intensif oleh para pembina yang sudah kita berikan penugasan secara khusus dan mereka sudah diberikan kelonggaran oleh dewan guru mata pelajaran lain  didalam kelas. Sehingga terbangun sinergitas antara tanggungjawab dan kewajiban yang harus dilakukan mempersiapkan mengikuti Olimpiade Sains,”tegasnya.
 
Sambungnya,  Purwaningsih mengutarakan hal ini mengulang pada tahun 2018. Ia mengaku bahwa siswa SMAN 1 Metro berhasil memperoleh 18 juara dari 27 yang diperebutkan. Kemudian di 2019 berhasil meraih juara 19 juara dari 27 yang diperebutkan.
 
Sekedar diberitahukan juga, ada sebanyak 307 siswa SMAN 1 Metro siap mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).
 
“Jadi UNBK akan berlangsung 1 April 2019 mendatang. Latihan mengerjakan soal-soal, bimbingan belajar dan ujian praktek tengah dijalani siswa. Semoga lancar dan lulus 100 persen mendapat nilai bagus, dan semoga bisa diterima di perguruan tinggi negeri seperti yang dicita-citakan siswa dan orang tua dan dewan guru,” pungkasnya. (fer)