Enam Balonbup Lamsel Beber Janji Politik di DPD Nasdem

LAMPUNG SELATAN – Enam bakal calon bupati (Balonbup) Lampung Selatan (Lamsel) sepertinya bakal sengit memperebutkan rekomendasi dari Partai Nasdem.

Melalui gelaran pemaparan visi dan misi bakal calon, enam Balonbup tersebut menjelaskan program kerjanya masing-masing apabila dirinya terpilih sebagai Bupati Lamsel periode 2021-2026.

Giat tersebut dihelat di Halaman Kantor DPD Nasdem Lamsel yang berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Palembapang, Kecamatan Kalianda, siang tadi (26/10).

Pertama, visi misi disampaikan Balon dari Partai Amanat Nasional (PAN), Ahmad Fitoni. Ia mengungkapkan, penyusunan visi misi dilakukan dengan cara penyerapan aspirasi di sektor homogen atau kalangan pasar. Selain itu, juga menyesuaikan visi misi partai secara nasional.

“Visi misi itu disingkat Berprotein. Itu adalah simbol dari kesehatan dan kecerdasan dalam upaya pembangunan sumber daya manusia,” ungkapnya.

Sayangnya, lantaran durasi yang terbatas ia tak dapat menjelaskan secara rinci apa yang menjadi program kerjanya apabila ia terpilih sebagai Bupati Lamsel.

Kedua, yakni pemaparan dari kader tulen Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Antoni Imam. Visi misinya yakni bersama mewujudkan Lamsel  Maju, Aman dan Sejahtera (MAS).

Antoni bakal mengoptimalkan potensi politis yang duduk dibangku wakil rakyat. Dilingkup kabupaten, Lamsel memiliki 50 orang anggota DPRD, 10 Anggota DPRD Provinsi Lampung dan 10 anggota DPRRI.

“Kolaboratif instansi ini sangat penting dilakukan. Sebab, dari kerja kolaborasi ini akan lebih mudah dalam upaya menjemput program – program pemerintah pusat yang intinya untuk pembangunan Lamsel,” terangnya.

Ketiga, yakni dari kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Heri Putra. Politisi senior yang namanya cukup tenar di Kecamatan Bayar ini memiliki Visi yaitu Lamsel yang Bersih, Berwibawa dan Berakhlak Mulia.

“Dengan misinya, yakni Infrastruktur yang lebih baik. Ketersediaan pupuk untuk petani, memberi perhatian pada sektor nelayan dan lainnya. Selanjutnya, kita tingkatkan Keamanan di kabupaten ini,” jelasnya.

Keempat, yakni pemaparan dari politis yang juga sebagai pengusaha asal Kecamatan Palas, Hipni. Visi misinya yakni mewujudkan Lamsel yang Bangkit dan Berkeadilan.

“Dengan usia yang tidak muda lagi, ia menilai Lamsel tertinggal. Apalagi, indeks kemiskinan sangat memprihatinkan. Karena itu, kami akan lebih mengedepankan sektor unggulan di Lamsel dengan keseriusan anggaran yang digelontorkan pemerintah.” jelasnya.

Kelima, yakni pemaparan dari Bupati Lampung Timur (Lamtim), Irfan Nuranda Djafar.  Visi misinya yakni Menuju Lamsel sebagai pusat ekonomi baru.

“Dari adanya jalan tol, kita berupaya agar adanya daya tarik di kabupaten Lampung Selatan agar meningkatkan minat pengunjung. Salah satunya yakni dibuatnya destinasi wisata disetiap kecamatan,” janjinya.

Terakhir, yakni pemaparan dari politisi senior Partai Golkar Lampung, Tony Eka Chandra. Visinya adalah mewujudkan Lamsel yang Aman Maju Sejahtera Mandiri Berkeadilan Berkompetisi dan Bermartabat.

Sementara, misi yang dijanjikan Tony adalah pendidikan gratis, kesehatan gratis dan ketahanan pangan yang cukup.

“Beasiswa untuk masyarakat tidak mampu, kesehatan gratis hingga rujukan ke Jakarta, dan menciptakan lumbung desa,”janjinya. (Doy)