Bawaslu Lamtim Siap Ciptakan Pemilu Damai

LAMPUNG TIMUR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) menerima kunjungan supervisi Bawaslu Provinsi Lampung, sekaligus kordinasi persiapan Pemilu Damai 2019, Jumat (19/10/2018).

Rapat koordinasi membahas progres yang dilaksanakan dan kesiapan Bawaslu Lamtim dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawasan untuk tahapan kampanye pada pemilihan umum tahun 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah menyebutkan, pihaknya meninjau dan memastikan sejauh mana kemampuan dan kesigapan di kabupaten untuk menyongsong pesta demokrasi ini.

“Karena kita ingin Pemilu yang damai dan bersih, tentunya kita harus kordinasi dan konsilidasi di kantor Bawaslu kabupaten,” kata wanita yang karib disapa Khoir ini didampingi Kordinator Divisi Sosialisasi dan Hubungan antar Lembaga, Muhamad Teguh.

“Ini juga merupakan salah satu kewajiban Bawaslu Provinsi untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksaanaan tugas pengawas Pemilu yang sudah di atur dalam UU 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pasal 100 huruf b,” tambahnya.

Dikatakannya, selain di Lamtim, Bawaslu Provinsi juga akan berkunjung ke KPU Lampung timur untuk melakukan checking distribusi logistik Pemilu tahun 2019.

”Bukan hanya disini saja, tetapi di kantor KPU kabupaten juga, akan kita tanya sudah sejauh mana tentang kesiapan untuk pemilu serentak nantinya,” tegasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Lamtim Uslih, S.Pd.I sangat mengapresiasi langkah – langkah baik dari Bawaslu provinsi.

“Ini juga menjadi support bagi kami untuk selalu berkordinasi dan konsolidasi sebagai bentuk menjaga hirarkisme kelembagaaan yang sesuai diatur pada perundangan – undangan yang berlaku dan akan melakukan pengawasan yang ketat dan baik,” pungkasnya. (fer)