Bangga Polda Lampung Naik Kelas

PENINGKATAN tipe Polda Lampung dari tipe B ke tipe A menjadi kenangan tersendiri bagi Kombes Pol (Purn) H Yusril Hakim, YHS, S.H. Menurutnya wacana peningkatan status Polda Lampung tersebut sebenarnya sudah mulai dicanangkan sejak tahun 2006. Saat itu Polda Lampung dipimpin Kapolda Brigjen Suhardjono Kamino.

“Perjuangan meningkatkan status Polda Lampung dari type B ke A ini telah dimulai saat saya menjabat Wadir Intelkam Polda Lampung dengan Kapolda Brigjen Pol. Suhardjono Kamino. Waktu itu sudah enam kali usulan diajukan ke Mabes Polri tetapi tidak berhasil,” tutur Yusril Hakim, kemarin.

Lalu tahun 2015 Kapolda Lampung dijabat Brigjen Pol. Edwardsyah Pernong. Ide peningkatan status Polda Lampung pun kembali digelindingkan. Kemudian tahun 2016 saat Kapolda dijabat Brigjen Pol. Ike Edwin, lagi-lagi kembali dikemukakan soal kenaikan status type Polda Lampung.

Akhirnya, kata Yusril saat terjadi pergantian Menpan RB ke Asman Abnur yang juga kader PAN, pada kesempatan itu dia pun menghadap dan menyerahkan semua dokumen yang dibutuhkan. Selanjutnya dia pun kembali menghadap Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di kediamannya. Hasilnya Ketua MPR memanggil Asman Abnur Menpan RB dan merencanakan kunker ke Lampung dengan tujuan melihat kesiapan Polda.

Akhirnya Ketua MPR RI dan Menpan RB datang, didampingi 2 Deputy yaitu Ibu Diah Deputi Bidang Pengawasan dan Ibu Ririn Deputi bid. Kelembagaan. Hasilnya dalam waktu seminggu akan dikeluarkan SK Penetapan kenaikan status Polda Lampung dari type B ke A.

“Nah tanggal 19 September 2016 terbitlah SK Menpan RB No.B/3/08/M.PanRB/9/2016. Hal pengaturan susunan organisasi dan tata cara kerja Polri. Isinya peningkatan Polda Lampung type B ke type A dengan jenjang kepangkatan Kapolda Lampung berbintang dua dan Waka Polda Lampung berbintang satu. Ini yang menjadi kebanggaan saya,” jelas Yusril.(red)