Raden intan  Fair 2017 Berlangsung Meriah

Dalam Rangka Peringati Hari Jadi ke-49 IAIN/UIN Raden Intan

BANDARLAMPUNG – Rektor bersama keluarga besar Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung melakukan jalan sehat, Ahad (10/12/2017) pagi di sekitar kampus UIN Raden Intan, Sukarame, Bandarlampung. Jalan sehat ini merupakan rangkaian Raden Intan Fair 2017 dalam rangka memperingati hari Jadi IAIN-UIN Raden Intan Lampung ke-49.

Ketua panitia Raden Intan Fair 2017 Dr. Suardi Abbas, MH mengatakan, kegiatan peringatan milad ini telah rutin dilaksanakan setiap tahun. “Untuk tahun ini, kami (panitia) memberi nama Raden Intan Fair atas usulan beberapa pihak, termasuk BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” ujarnya saat menyampaikan laporan kegiatan, Ahad (10/12).

Raden Intan Fair 2017 ini memiliki beragam rangkaian kegiatan lomba, diantaranya voli, futsal, tenis meja, catur, bulu tangkis, kebersihan dan memasak antar unit kerja di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Selain itu, akan ada bazaar pada tanggal 12-13 Desember 2017.

Kepala Biro AUAK UIN itu pun menjelaskan, dibuatnya beragam lomba karena juga untuk mempersiapkan kegiatan olahraga antar satuan kerja (satker) Kementerian Agama Provinsi Lampung pada 14-15 Desember 2017 di Bandar Lampung dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB).

“Setelah kegiatan HAB yang diselenggarakan kanwil (Kantor Wilayah Kementerian Agama), biasanya di tingkat pusat juga akan diselenggarakan kegiatan HAB untuk semua provinsi,” pungkasnya.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menyampaikan perkembangan kampus UIN Raden Intan Lampung. “ Alhamdulillah, di usia yang ke-49 ini, IAIN yang telah bertranformasi menjadi UIN terus berbenah untuk meningkatkan kualitas (pendidikan) dan fasilitas infrastruktur lainnya,” ungkapnya.

Rektor yang peduli dengan kebersihan kampus ini juga menyampaikan sejumlah prestasi-prestasi kampus, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. “Jurnal kita (UIN Raden Intan), dari 56 kampus PTKIN kita berada diurutan keempat. Akreditasi juga terus kita tingkatkan. Prestasi mahasiswa juga cukup banyak yang telah diraih,” imbuhnya yang menggambarkan perkembangan kampus.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, MM yang mewakili Gubernur. Turut hadir juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung beserta jajaran dan stakeholder lainnya.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Lampung Drs. Zulfakar, MM menyampaikan apresiasi terhadap UIN Raden Intan Lampung. “Atas nama Pemprov Lampung, saya merasa kagum dengan kampus (UIN) ini.  Banyak perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai,” katanya.

Menurut Sulpakar, Gubernur Lampung memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan. “Pak Gubernur selalu memberikan arahan kepada kami untuk selalu memperhatikan pendidikan. Gubernur cinta dengan UIN ini. Pemerintah provinsi juga akan memberikan tanah seluas 50 Hektare ke UIN. Teknis administrasinya sedang kami siapkan,” tegasnya.

Kegiatan jalan sehat UIN berjalan lancar dan meriah. Panitia memberikan souvenir dan ratusan doorprize kepada peserta jalan sehat. Doorprize yang diberikan diantaranya yaitu tabungan Haji dari BSM dan BRI, sepeda motor, sepeda, tv LED, dan beragam hadiah menarik lainnya.(adv)