Besok, Irjen Suntana Resmi Jabat Kapolda Lampung

BANDAR LAMPUNG – Jika tak terkendala, mulai besok (11/1/2018), Irjen Suntana akan resmi menjadi Kapolda Lampung. Ia menggantikan Irjen Suroso Hadi Siswoyo yang ditarik menjadi Widya Iswara Utama Sespim Utama Lemdiklat Polri. Serah terima jabatan (Sertijab) akan dilakukan di Mabes Polri pagi besok, dipimpin langsung oleh Kapolri, Jendral Tito Karnavian.

“Ya, jika tak terkendala besok akan Sertijab. Ini saya dalam perjalan ke Jakarta,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol. Sulistyaningsih via pesan whatsappnya, Rabu (10/1/2018).

Kata Polwan yang karib disapa Bunda Sulis ini oleh kalangan wartawan ini, acara berikutnya akan dilakukan hari Senin (15/1/18) di Polda Lampung.

“Yang di Polda hari Senin rangkaiannya,” katanya.

Diketahui, melalui surat telegram, Kapolri melakukan mutasi atas sejumlah jabatan penting di Polda Lampung, termasuk Kapolda. Irjen Suroso Hadi Siswoyo yang mulai menjabat pada 25 Agustus 2017, digantikan oleh Irjen Suntana, yang sebelumnya merupakan perwira tinggi (Pati) Baintelkam Polri.

Rotasi tersebut berdasarkan surat telegram nomor ST/16/I/2018 tanggal 5/1/2018, yang ditandatangani Assisten SDM Polri Irjen Arief Sulistyanto.

Kapolda Lampung Irjen Suroso mengatakan, mutasi merupakan hal yang biasa di tubuh Mabes Polri, dan merupakan bentuk penyegaran.

“Ini hal yang biasa, dan saya menjalaninya dengan apa adanya, mau tiga bulan, atau seminggu, yang penting iklas bekerja,” ujarnya.

Ia berharap kepemimpinan Kapolda Lampung di bawah Irjen Sutana dapat bersinergis dengan kebijakan sebelumnya. Berbagai kebijakan seperti pencanangan kampung narkoba, deradikalisasi dari unsur Pemerintahan, sekolah hingga perguruan tinggi, serta penentasan perkara C3 dapat dilanjutkan.

Suroso pun mengucapkan terima kasih untuk jajaran di Mapolda Lampung, rekan jurnalis dan masyarakat atas kerjasamanya dalam memimpin di Mapolda.

Selain Kapolda, beberapa pejabat di jajaran Polda Lampung terkena mutasi yakni Direktur Kriminal Umum Polda Lampung, Kombes Heri Sumarji dipromosikan menjadi Kakorsis Sespimmen sespim Lemdiklat Polri dab posisinya digantikan AKBP Boby Marpaung yang sebelumnya menjabat Wakapolresta Bandar Lampung. Sedangkan posisi Boby akan diisi oleh AkBP Puji Sutan yang sebelumnya menjabat Kapolres Lampung Tengah, sementara posisi Puji Sutan akan diisi oleh AKBP Slamet Wahyudi yang sebelumnya menjabat Kapolres Sabang. (ilo)