Warga Panaragan Pertanyakan Pemasangan BOX Meteran PDAM

PANARAGAN – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dianggap menipu masyarakat Tiyuh Panaragan. Pasalnya puluhan kilometer saluran pipa air dari PDAM untuk masarakat hanya tipuan box meteran air belaka saja. Hal ini dilontarkan salah seorang warga Panaragan yakni Ali (40). Dia mengungkapkan kecurigaannya terhadap pemasangan box meteran saluran pipa air PDAM milik pemerintah setempat hanya tipuan.

“Saya curiga dengan dinas PU sebab bilamana pemasangan box meteran itu sebagai alat untuk mengetahui pemakaian air Pump kenapa sampai saat ini kran air tersebut tidak bisa digunakan. Apa ini proyek tadah hujan sehingga tidak memerlukan pipa untuk mengalirkan air ,”tanyanya.

Proyek pemasangan saluran air Pump PDAM yang dikerjakan oleh dinas PU Tubaba tahun 2016 tidak diketahui nilai proyek tersebut. Sebab memang pekerjaan ini dikerjakan oleh pihak dinas PU dan tidak ber plang papan nama proyek.

Modus penipuan yang dilakukan oleh oknum pegawai PU Tubaba yakni dengan berpura-pura memasang box meteran air Pump di sepanjang kilometer masing -masing rumah warga. Sehingga terlihat bahwa masing-masing warga telah menikmati air Pump PDAM. Kenyataanya box meteran ini hanya pajangan saja sebab tak berpipa sehingga air tak mengalir.

Tokoh masyarakat Panaragan Khoiri mengajak masyarakat lebih kritis dalam berpikir dan menilai terhadap pembangunan di Kabupaten Tubaba.” erlu dirasakan manfaatnya setiap apapun pembangunan sehingga tidak dianggap sia-sia atau hanya sekedar mendapatkan proyek namun tidak mengindahkan kualitas dan kuantitsanya,” katanya.

Disambungnya, prilaku menyimpang oknum dinas PU tercermin akan rakusnya manusia sehingga jalan apapun dengan cara apapun akan dilakukan demi keuntungan semata. Mereka lupa bahwa masyarakat sekarang bukanlah masyarakat yang bodoh. Diamnya masyarakat bukan berarti bodoh namun masih melihat dan menimbang rasa. ( jazuli )