Rakor dan Studi Tiru Wisata di Danau Ranau, Pemkab Mesuji Disambut Wabup OKU Selatan

MESUJI — Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Kabupaten Mesuji Lampung menggelar rapat Koordinasi (Rakor) bulan Juni sekaligus Study Tiru Pariwisata. Lokasinya di Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 14-15 juni 2019.

Rombongan studi tiru yang dipimpin Plt Bupati Mesuji Saply TH disambut oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir beserta jajaran di Ruang Aula Wisma Pusri Varita, Danau Ranau, Sabtu (15/06/2019).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati OKU Selatan, Sholehien menyampaikan permohonan maaf dari Bupati karena tidak dapat hadir. Selain menyampaikan potensi wisata, Sholehien berharap terjalin persaudaraan.

“Saya ucapkan selamat datang, Saya berharap terjalin persaudaraan kedua kabupaten,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Mesuji Saply TH menyampaikan salam hangat dari masyarakat Mesuji dan mengucapkan terima kasih atas penyambutannya.

Saply juga menjelaskan, Mesuji dan OKU Selatan memiliki kesamaan, salah satunya potensi wisata air, khususnya Danau Ranau yang dikenal primadona di Sumatra Selatan.

“Pemkab Mesuji terus berupaya menggali potensi pariwisata di Mesuji. Dengan kunjungan studi tiru ini semoga membawa masukan dalam pengembangan wisata kedepan,” ungkap Saply.

Plt Kabag Humas dan Protokol Pemkab Mesuji Angga Pramudita menambahkan, kegiatan studi tiru dirangkai dengan Rakor lintas OPD sekaligus juga penyegaran suasana.

“Selain studi tiru, dirangkai dengan Rakor OPD. Kegiatan ini sebagai penyegaran suasana, diharapkan memberi semangat baru meningkatkan kinerja,” jelas Angga.

Diberitakan sebelumnya, Berdasarkan Surat Bupati Mesuji Nomor 005/1768/1.01/MSJ/2019 tanggal 10 Juni 2019 yang didapat media ini. Pejabat yang diundang dalam acara yaitu Sekretaris Daerah (Sekda), Inspektur, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD Se-Mesuji, Sekretaris KPU dan Korpri, juga semua Camat.

Surat yang ditandatangani Plt. Bupati Mesuji, Saply TH tersebut  juga memberikan catatan. Isinya peserta diminta menyiapkan bahan Expose dan Kepala OPD juga diminta mengikutsertakan Istri.

Sekda Mesuji, Indra Kusuma Wijaya membenarkan acara tersebut.

“Iya, kita rakor, sambil melihat wisata air disini, apa yang bisa kita tiru di mesuji”, ucapnya kepada  Surat Kabar Harian BE 1 Lampung saat dikonfirmasi via telepon, Jumat (14/06/2019).

Rencananya hasil study tiru wisata tersebut akan diterapkan di sungai yang ada di desa wiralaga.

“Kalau tidak semua, apa sebagiannya, perahunya, atau wisata sungainya, nanti bisa tidak dipadukan di Wiralaga, karena di mesuji sungai dan disini danau, disini luar biasa, karena belum ada yang pernah kesini”, jelasnya.

Indra juga membenarkan kegiatan rapat dan studi wisata tersebut dihadiri para pejabat dan mengikutsertakan istri.

“Semua Kepala OPD, Camat, Kabag, dan semua yang hadir kecuali yang izin, kalau Ibu-Ibu itu tambahan aja, dan itu gak ikut Rakor, ibu-ibu itu kan kumpul-kumpul darma wanita, kan sama saja tidak ngurangin minyak”, pungkasnya sambil tertawa. (Rls/Red)