Pawai Budaya Tulangbawang Barat Meriah

TULANGBAWANG BARAT – Sebagaimana kita ketahui Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 50 Tahun 2008 tanggal 26 November 2008 tentang pembentukan Kabupaten Tulangbawang Barat yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia pada 3 April 2009 lalu, di Jakarta

Kemudian, berdasarkan Perda Kab. Tubaba No.8 Tahun 2012, hari jadi Kabupaten Tulangbawang Barat ditetapkan pada 3 April 2009. Dengan demikian, setiap tanggal 3 April merupakan hari ulang tahun Kabupaten Tulangbawang Barat.

Sementara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tubaba yang ke- 9 digelar meriah, dengan aktrasi pawai karnaval kendaraan hias dengan beragam latar belakang lambang keanekaragaman warga Tubaba.

Hal itu terlihat iring-iringan kendaraan hias beragam simbol kebersamaan masyarakat meskipun berasal dari berbagai ras, suku, bahasa, agama, dan budaya.
Kegiatan ini dilepas Wakil Bupati Fauzi Hasan Selasa (3/3), sekitar pukul 14.00 WIB dan dihadiri Bupati Umar Ahmad juga beberapa Anggota DPRD di halaman Komplek Islamik Centre.

Karnaval tersebut menempuh jarak tempuh sekitar 30 km dengan rute Islamic Centre – Pulung Kencana – Daya murni – dan Finish di Tugu Rato.

Para peserta karnaval tersebut, selain dari instansi pemerintah juga diikuti para pelaku usaha, Ormas, partai politik. Seperti PDI Perjuangan yang menampilkan simbol Banteng dan diiringi pengurus partai dan Ormas nya.

Karnaval tersebut juga dimeriahkan club sepeda motor. Khusus untuk pawai kendaraan sepeda motor dipimpin langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekdakab) Herwan Sahri.

Dalam sambutanya, Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad, berharap dengan semangat hari jadi ke – 9 saat ini dapat lebih meningkatkan kebersamaan di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

“Saling bantu membantu untuk menuju Kabupaten Tubaba agar lebih maju dan sejahtera,” harapnya. (Zainal/Adv)