Lamtim Nihil Icon Budaya

LAMPUNG TIMUR- Kabupaten Lampung Timur diharapkan segera memiliki ikon budaya daerah yang bisa dijadikan identitas dan kebanggaan masyarakat setempat.

“Hampir semua kabupaten dan kota di Provinsi Lampung saat ini telah mempunyai ikon budaya, namun Lampung Timur belum memiliki ikon budaya tersebut,” kata Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Lampung Timur Rizal Ismail, Senin (9/7/2018).

Menurut dia, ikon budaya ini sangat diperlukan sebagai identitas daerah sekaligus mempromosikan kekayaan budaya Lampung Timur, agar semakin dikenal masyarakat luas, termasuk dari luar daerah.

Ia mencontohkan, misalnya Menara Siger di Lampung Selatan dan Patung Raden Inten di Kabupaten Lampung Selatan, Patung Pengantin Saibatin di Kota Bandarlampung, Patung Pengantin Abung Siwo Migo di Kota Metro.

Kemudian, di Kota Metro ada Patung Tari Melinting dan Patung Tari Melinting di lokasi Batu Butu, Bandarlampung, serta Patung Kopiah Mas dan Tari Sembah di Lampung Tengah.

“Sudah saatnya Lampung Timur memiliki ikon budaya yang bisa dibanggakan, apalagi daerah ini cukup gencar mempromosikan pariwisata,” kata Rizal.

Pemkab Lampung Timur diharapkan segera mewujudkan harapan masyarakat adat di daerahnya untuk memiliki icon budaya daerah.

“Mohon kepada Pemkab Lampung Timur, bupati beserta DPRD, tolong sampaikan aspirasi kami Masyarakat Adat Lampung Timur ini sehingga kita dapat mempunyai kebanggaan seperti daerah lainnya,” ujarnya.

Risal mengapresiasi Patung Tari Melinting di lokasi wisata Batu Putu Bandarlampung karena justru di Lampung Timur belum ada, padahal tari Melinting asalnya dari Lampung Timur.

“Terima kasih juga kepada DPRD dan Pemkot Metro, karena Patung Tarui Melinting belum kita jumpai di Lampung Timur yang sebagian besar masyarakatnya beradat Pepadun,” pungkasnya. (fer)