Kapolres Lambar: Perayaan HUT RI Jadi Momentum Kenalkan Potensi Daerah

LAMPUNG BARAT –  Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-73 Tahun 2018, Kabupaten Lampung Barat yang bersinergi dengan unsur dari TNI/ Polri ikut serta dalam Perayaan HUT RI ke-73 dengan mempersiapkan berbagai rangkaian kegiatan.

Rangkaian Kegiatan tersebut dibahas dalam rapat yang dilaksanakan di Aula Kagungan Kabupaten Lampung Barat. Kamis (2/8/18). Rapat tersebut dihadiri oleh Sekda, Asisten I dan II, Dandim yang diwakili Kasdim, Kapolres, Kepala OPD, serta Perwakilan OPD Lampung Barat.

Rangkaian kegiatan yang dibahas dalam rapat tersebut diantaranya meliputi pemasangan umbul-umbul Bendera Merah Putih dan Spanduk HUT RI 73. Pemasangan yang di mulai pada 1 hingga 30 Agustus 2018 bertempat di lingkungan perkantoran dan rumah-rumah penduduk. Yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah seluruh kepala OPD, Camat serta Peratin (kepala desa).

Kemudian pengukuhan Paskibraka yang akan dilaksanakan pada Rabu, 15 Agustus 2018, Pukul 10.00 WIB s.d selesai, di Gor Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu.

Selanjutnya Renungan Suci yang akan dilksanakan pada Jumat, 17 Agustus pukul 00.00 WIB s.d selesai, di Taman Makam Pahlawan. Penanggungjawab Kodim 0422 /Lambar. Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia dan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih. Jumat, 17 Agustus Pukul 10.00 WIB s.d selesai di Stadion Bumi Skala Bekhak. Penanggungjawab Kodim 0422 Lampung Barat.

Ramah tamah dengan Veteran RI, Jumat 17 Agustus pukul 16:00 s.d selesai di Lapangan Parkir Masjid Baitul Muhlisin (Islamic Center). Penanggungjawab Badan Pengelola Keuangan Daerah.
Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Jumat 17 Agustus pukul 19.00 WIB s.d selesai di Stadion Bumi Skala Bekhak. Penanggungjawab Kodim 0422 Lampung Barat.

Malam Resepsi, Jumat 17 Agustus Pukul 19.00 WIB s.d selesai di Lapangan Parkir GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu. Penanggungjawab Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia.

Kapolres Lambar Tri Suhartanto dalam sambutannya  mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa jasa para pahlawannya,

“Kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Republik Indonesia ini dapat dijadikan momen untuk memajukan pembangunan wilayah kita dengan mengedepankan / memperkenalkan  ikon Lampung Barat seperti kebun kopi, persawahan di Suoh perikanan air tawar di danau Lumbok, bisa kita laksanakan upacara di Kebun kopi untuk memajukan kopi, kita bisa laksanakan upacara di sawah suoh dan mungkin upacara di danau lumbok Seminung untuk meningkatkan kepariwisataan,” katanya.

Dikatakannya bahwa Polres Lampung Barat bersama Kodim 0422 siap mengerahkan membantu dan mendukung kegiatan tersebut. Dengan mengerahkan 136 Bhabinkamtibmas dan rekan rekan Babinsa TNI untuk menghimbau masyarakat mengibarkan  bendera, umbul umbul di Pekon Pekon atau perumahan perumahan penduduk.

“Polres Lampung Barat siap mendukung dengan menyiapkan ambulance polisi, pengawalan VIP dan pengamanan secara terpadu TNI/ POLRI dan potensi terkait dilaksanakan melalui giat pre emtif preventif dan represif,” ungkap Kapolres.  (jul)