Jelang Ops. Zebra Krakatau 2018, Kasat Lantas Ingatkan Anggota Polres Metro

METRO – Menjelang pelaksanaan operasi Zebra Krakatau 2018 yang diperkirakan jatuh pada tanggal 30 Oktober 2018 mendatang, Kasat Lantas Polres Metro mengingatkan seluruh anggota Polres setempat.

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Metro AKP M. Kasyfi Mahardika, S.H., S.IK saat memimpin apel pagi di Mapolres setempat, Kamis (11/10/2018). Dalam arahannya, Ia menyampaikan bahwa sebentar lagi akan dilaksanakan Operasi Zebra Krakatau 2018 diwilayah hukum Polres Metro.

“Perlu diketahui kepada seluruh personil Polres Metro dan jajaran, sebentar lagi kita akan melaksanakan Ops Zebra Krakatau 2018 diwilayah hukum Polres Metro, Operasi Zebra merupakan operasi resmi rutin yang digelar setiap tahun guna menekan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran berlalu lintas,” kata Kasat Lantas dalam arahannya saat memimpin apel.

Dirinya juga menuturkan, operasi tersebut difokuskan terhadap pengendara yang melawan arus lalu lintas hingga tidak memilik surat dan kelengkapan berkendara.

“Operasi Zebra Krakatau 2018 sendiri menyasar pengendara yang melawan arus, menerobos traffic light atau lampu merah, tidak memiliki SIM atau masa berlakunya habis, tidak membawa STNK atau masa berlakunya habis, kendaraan tak memiliki plat nomor polisi atau masa berlakunya habis, alat standar keamanan tak lengkap seperti spion, lampu, dan lainnya, tidak memakai helm khusus pengendara sepeda motor dan tak mengenakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil serta pelanggaran-pelanggaran lalu lintas lainnya,” jelas Kasat Lantas.

Tak lupa, mewakili Kapolres Metro AKBP Umi Fadillah Astutik, Kasat Lantas meminta seluruh jajaran Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Metro untuk menginformasikan rencana giat tersebut ke masyarakat.

“Masyarakat masih ada yang kurang mengerti tentang peraturan lalu lintas, oleh karena itu kepada seluruh personil khususnya Bhabinkamtibmas untuk memberitahukan atau mensosialisasikan kepada keluaraga dan masyarakat bahwa Operasi Zebra Krakatau 2018 Polres Metro jika tidak ada perubahan akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 30 Oktober 2018 selama 14 hari,” pungkasnya.

Sementara terkait Ops. Zebra Krakatau yang direncanakan akan berlangsung mulai 30 Oktober 2018 mendatang sejumlah masyarakat Metro mendukung dan juga mengingatkan aparat.

“Saya sangat mendukung bila itu dilaksanakan, karna itu baik dan membuat masyarakat taat aturan, tapi disisi lain jangan kasih kesempatan masyarakat yang melanggar itu untuk bermain mata dengan oknum petugas. Inilah yang membuat masyarakat tidak taat hukum, karena selalu di beri sela untuk melanggar. Saya berharap giat baik itu tidak di jadikan ajang aji mumpung untuk berbuat yang menyalahi etika profesi Polantas, dan selalu awasi terus jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan peluang sehingga merugikan pengendara,” tandas Ketut Indra Budi, warga 15 Kauman Metro Pusat. (Arby)