Inspektorat Tubaba Periksa Dana Desa

PANARAGAN – Inspektorat Tulang Bawang Barat (Tubaba) menurunkan tim ke seluruh desa untuk mengaudit penggunaan dana desa tahun 2015 dan 2016, baik yang bersumber dari pusat maupun yang bersumber dari pemerintah kabupaten. Selain melakukan audit, tim juga melakukan pembinaan para aparatur desa.

Kepala Inspektorat Tubaba yang diwakili oleh Irban II, Erawan mengatakan hingga saat ini tim sudah turun ke masing-masing desa. Sedangkan jumlah desa di Tubaba sebanyak 93 desa. Tim inspektorat akan memeriksa apakah penggunaan dana desa apakah sudah tepat sasaran atau tidak. Ini sekaligus melihat bukti fisik di lapangan.
Hasil evaluasi nantinya akan berbentuk penilaian sudah terlaksana dengan baik, sedang, atau masih dibawah standar.

“Misalnya bukti fisik bangunan ada yang kualitas dan kuantitas bagus, sedang dan kurang,” ujarnya.

Dari rangkaian kunjungan tim ke desa-desa lanjutnya ada yang perlu perbaikan administrasi. Lalu, perbaikan pekerjaan fisik atau kekurangan lainnya.

Terhadap berbagai kekurangan ini, inspektorat akan mengeluarkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh perangkat desa dalam waktu yang ditentukan. Bila ada temuan menyangkut penggunaan anggaran dan tidak tepat sasaran atau di luar prosedur, penanggungjawab harus mengembalikan dana ke kas desa.(jajuli)