Burhanudin Mundur Karena Nyaleg, Nanang: Baznas Harus Diaudit Dulu

LAMPUNG SELATAN — Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto mengaku belum menerima surat pengunduran diri Burhanudin selaku ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lamsel.

Saat ditemui wartawan, Nanang bahkan menegaskan akan menerima permintaan pengunduran diri tersebut. “Saya belum menerima, lihatnya (surat pengunduran diri) saja belum,” ujar Nanang di ruang kerjanya, Senin (20/8).

Kendati demikian, menurut Nanang, sebelum mengundurkan diri, harus dilakukan audit internal. Sehingga dalam roda estafet di Baznas nanti tidak meninggalkan masalah.

“Ya harus diaudit secara internal. Jangan sampai nanti ketua yang baru mewarisi masalah yang belum selesai,” imbuhnya.

Nanang menegaskan, harus dapat dipastikan sebelum Burhanuddin resmi mengundurkan diri dari jabatan Ketua Baznas Lamsel harus tidak ada persoalan. Selain itu pembukuan neraca keuangan harus jelas.

“Saya minta kepada pengurus untuk memberikan laporan hasil audit anggaran Baznas yang dikelola selama ini. Karena ini menyangkut uang amanah dari umat,” jelasnya.

Selanjutnya kata Sekjen DPC PDI Perjuangan Lamsel ini, Pemerintah Daerah (Pemda) berencana akan membenahi dan kepengurusan Baznas akan diserahkan kepada ahlinya, agar tidak terlibat politik praktis.

“Pola saya akan kita terapkan dan serahkan semua kepengurusan Baznas kepada ahlinya. Kita tahu di sini ada NU dan Muhammadiyah. Jadi mereka benar-benar bidangnya dalam mengelola dana umat tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, pengunduran Burhanuddin dari jabatan dari Ketua Baznas Lamsel diketahui akan mencalonkan diri sebegai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Daerah Pemilihan (Dapil) 7 yakni Katibung, Way Sulan dan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. (Erl)