Bentuk 4 Tim Penanganan Banjir, Nanang Puji Kekompakan Pejabat Lamsel

LAMPUNG SELATAN – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan,  Nanang Ermanto,  didampingi Sekretaris Daerah, Fredy, memberikan arahan kepada para Kepala OPD terkait penanganan pasca banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lampung Selatan pada Sabtu siang, 1 Desember 2018.

Dalam briefing yang dilaksanakan di Balai Desa Rangai Tri Tunggal tersebut disepakati pembentukan 4 (empat) kelompok, yang masing-masing kelompok diberikan tugas untuk meninjau, mendata serta memberikan solusi bagaimana penanganan serta pencegahan banjir agar tidak terjadi lagi dimasa-masa yang akan datang.

Pada kesempatan itu, Nanang mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para kepala OPD, yang tetap kompak, semangat dan tak kenal lelah, meskipun dihari libur, dapat meluangkan waktunya untuk terus berkoordinasi membagi tugas bagaimana mengatasi banjir dengan segera.

“Merupakan suatu kekompakan di hari libur kita tetap bisa hadir untuk berkoordinasi membagi tugas bagaimana mengatasi banjir dengan segera. Itulah gunanya pemimpin. Ketika rakyatnya mendapat musibah,  kita harus berada di tengah-tengah mereka untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir,” kata Nanang.

“Saya ucapkan terima kasih, saudara tetap kompak, dapat meluangkan waktunya hadir di sini untuk berkoordinasi. Meskipun ini hari libur,” kata Nanang lagi.

Dalam kesempatan itu, Nanang meminta agar tim yang dibentuk ini dapat bekerja secara maksimal untuk mengatasi banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Lampung Selatan akibat dari hujan deras yang mengguyur sejak jum’at dini hari. Bahkan untuk wilayah Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung, sempat membuat arus lalu lintas dari Bandar Lampung menuju Bakauheni atau sebaliknya macet.

“Saya meminta agar tim ini dapat mengidentifikasi terhadap warga yang terdampak banjir. Data kerusakan yang ada. Cari penyebabnya apa. Jika penyebab banjir di Rangai ini adalah sampah serta penyempitan gorong-gorong saluran air, daerah lain apa penyebabnya,” tutur Nanang.

“Dapur umum pun perlu diperhatikan, termasuk stok beras,  jangan sampai masyarakat kelaparan,  juga tim kesehatan, “ujarnya lagi.

Sementara itu,  Sekretaris Daerah,  Fredy, mengatakan, pembentukan tim ini untuk menangani musibah secara cepat.

“Tim ini bersifat permanen, dan akan kita tambah dengan beberapa Kepala OPD yang belum masuk,”ujarnya.

Adapun Tim yang dibentuk dalam arahan Bupati adalah :
Tim 1. Untuk wilayah Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung.
Supriyanto (Asisten Pemerintahan/koordinator)
Arsyad (Ka.Peternakan dan keswan)
Intji (Kepala BPKAD)
Martoni Sani (Kadis BPMPPT)
Thamrin (Kadis Lingkungan Hidup)
Hermansyah Hamidi (Ka. PUPR)

Tim 2. Tarahan
Priyanto putro (Staf Ahli)
Mulyadi Saleh (Asisten Ekobang)
Thomas Americo (Ka. Pendidikan)
Joko Sapta (Inspektur)
Badrus (BPPRD)
Jimmy Banggas (Kadis Kesehatan)
Edy Firnandi (Kadisduk Capil)

Tim 3. Kalianda dan Sidomulyo
Yansen Mulya (Kepala BKP
Rini Ariasih (PP&PA)
Wahidin Amin (Kepala Bappeda)
Meizar (Kadis Kelautan dan Perikanan)
Yusri (Staf Ahli)
Heri Bastian (KasatPolpp)
Diah Anjarini (Direktur RSUD)
Setiawansyah (Kabag Protokol)

Tim 4 Palas dan Penengahan
Ketut Sukerta (Kepala BPBD)
Akar Wibowo (Ka. BKD)
Sefri (Plt. Kadis Kominfo)
Sahidi (Kepala Litbang)
Qorinilwan (Kadis Perdagangan dan Perinduatrian)
Anasrullah (Kadis Perhubungan)
Zailani (Kadis Perkebunan) (rls)