Lomba Karnaval Budaya Kemilau Puncak Acara Festival Skala Bkhak V 2018

LAMPUNG BARAT — Festival Sekala Bekhak ke V Tahun 2018 resmi ditutup. Penutupan berlangsung  di Lapangan Utama FSB Lapangan Mardeka Pasar Liwa, Kamis (12/07), sekaligus pelaksanaan Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak.

Kadis Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Lambar, Indra Kusuma, menjelaskan,  pawai budaya bertajuk Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak merupakan rangkaian utama dari festival Sekala Bekhak pada setiap tahunnya,

“Pada perhelatan ini  bisa kita saksikan keragaman budaya Sai Batin warisan nenek moyang serta budaya dari etnis lainnya yang hidup berdampingan di bumi sekala bekhak yang disajikan dengan kemasan yang menarik,” katanya.

Kegiatan Festival Skala Bkhak V 2018 Kabupaten Lampung Barat (Lambar), memiliki beberapa rangkaian acara. Salah satunya acara kegiatan Karnaval Budaya Kemilau yang di selenggarakan pada puncak acara sebelum ditutupnya Festival.

Acara perlombaan karnaval tersebut, kata Indra, diikuti oeh berbagai kalangan, seperti sekolah mulai dari kategori TK/Paud, SD, SMP, dan SMA sederajat, kategori, sanggar dan kecamatan se-Lambar.

Hasil perlombaan Karnaval Budaya Kemilau Bumi Skala Brak, Festival Skala Bekhak V 2018 dari berbagai kategori, kategori TK/Paud diraih oleh, Paud IT Rumah Quran, Paud Islam Alif, Tk Negeri 1 Liwa.

Untuk Kategori SD di raih oleh SDN Padang Dalom, SD Pagar Dewa Sukau dan SDN Canggu. Pemenang untuk Kategori SMP, SMPN 1 Sukau, SMPN 1 Liwa, SMPN Belalau sementara untuk Kategori  SMA di raih oleh, SMA Negeri 1 Liwa dan SMA Negeri 1 Belalau. Sementara untuk Kategori Kecamatan dimenangkan oleh Kecamatan Sumberjaya, Kecamatan Batu Brak, Kecamatan Pagar Dewa dan kategori sanggar di ungguli oleh, Sanggar Banjarmasin, Sanggar Kayangan dan Sanggar Buay Nyerupa.

Bertindak sebagai juri dalam acara tersebut masing-masing, Anton Cabara, Asroni, Novan Adiputra Saliwa.

“Demikian hasil lomba karnaval untuk dapat di sebarkan, dan bagi pemenang agar dapat mengambil hadiah di sekretariat kegiatan,  Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Lampung Barat,” jelas Indra Kusuma. (Jul)