Sertijab, Lima Kapolda Diingatkan Konsekuensi Dunia Akhirat

BANDAR LAMPUNG – Irjen Suroso Hadi resmi menjabat sebagai Kapolda Lampung. Serah terima jabatan (Sertijab) dilakukan kemaren pagi  (5/9/17) di Mabes Polri.

Suroso yang sebelumnya Pati Baintelkam Polri (Penugasan PD BIN) diplot menggantikan Irjen Pol Sudjarno, yang kemudian menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara Sertijab sekaligus pelantikan.

Selain Kapolda Lampung, Kapolri juga melantik Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Anton Charliyan.

Selain itu, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Zulkarnain juga resmi dilantik menggantikan posisi Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang kini menjabat sebagai Kapolda Jabar.

Kapolda Riau kini posisinya resmi digantikan oleh Brigjen Pol Nandang yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat. Sebagai pengganti Nandang, Kapolda Riau kini dijabat Brigjen Pol Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat sebagai Karopaminal.

Selain memimpin upacara tersebut, Tito juga langsung memimpin pembacaan sumpah serah terima jabatan yang diikuti oleh pejabat Polri yang melakukan serah terima jabatan.

“Bahwa saya selaku pejabat kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila UUD RI tahun 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab,” kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Usai melakukan sumpah serah terima jabatan, Tito menuturkan, banyak konsekuensi yang harus diterima oleh anak buahnya tersebut.

“Apabila melanggar sumpah ini akan menjadi konsekuensi di dunia dan akhirat,” tuturnya.

Selain adanya serah terima jabatan terhadap lima Pati, acara tersebut juga adanya penyematan Korps Raport Kenaikan Pangkat Pati Polri, yang diterima oleh 11 Pati Polri. Mereka dinaikkan satu tingkat dari pangkat sebelumnya.

Ke-11 prajurit Polri dengan pangkat barunya itu adalah Irjen Abdul Gofur, Irjen Arifin, Irjen Martuani Sormin, Irjen Basarudin, dan Irjen Puji Sarwono, Brigjen Eky Hari Fesfyanto, Brigjen Napoleon Bonaparte, Brigjen Asep Syahrudin, Brigjen Ermayudi Sumarno, Brigjen Andean Sonar Sittinjak, dan Brigjen Krisna Murti. (ilo/dtc)