Gubernur Ridho Minta Lembaga Penyiaran Cerdaskan Masyarakat

BANDAR LAMPUNG–Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meminta lembaga penyiaran di Provinsi Lampung memproduksi siaran yang mencerdaskan, sehat, dan bermanfaat. Produksi siaran juga dituntut inovatif, mendidik, informatif, sehat, dan menghibur.
“Harapan saya untuk seluruh lembaga penyiaran, makin baik berkarya dan meningkatan kualitas karya sesuai kepribadian Indonesia. Ke depan kita dorong informasi yang disampaikan itu betul-betul sampai ke warga. Sehingga tidak ada satu pun warga Lampung yang tidak melek informasi,” ujar Ridho, pada gelaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung Award di Gedung Mahligai Agung, Pascasarjana Universitas Bandar Lampung, Selasa (28/11/2017).
KPID Lampung Award ini merupakan yang ketujuh untuk mengapresiasi karya insan penyiaran di Lampung. Penghargaan meliputi 15 kategori untuk 20 lembaga penyiaran televisi lokal dan nasional. Kemudian, 35 radio swasta dan pemerintah se-Lampung. Di tingkat nasional, KPI Award 2017 kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran 2017, diberikan kepada Gubernur Ridho Ficardo di Studio 6 Emtek City, Jalan Damai 11, Jakarta Barat, Sabtu (28/10/2017).
Gubernur Ridho mengapresiasi KPID Lampung atas penghargaan bagi lembaga penyiaran yang menampilkan program siaran bermutu. “KPID Award ini barometer kompetisi sehat dan tidak kalah pentingnya adalah wadah silaturahmi antar insan penyiar. Khususnya media siaran yang menjadi salah satu alat kontrol penyelenggaraan pemerintah daerah,” ujar Gubenur.
Dia mengakui makin banyak konten positif. “Semakin positif bukan berarti tidak ada kritik, semakin positif bukan melulu pujian,” kata Ridho di hadapan peserta yang juga datang dari berbagai utusan KPID seperti Sumatera Barat, Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.
Kehadiran informasi yang kontekstual dan positif sangat dibutuhkan dalam menjaga bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan memperkuat kehadiran negara di setiap warga negara. “Tentunya dengan memberikan informasi yang benar, tepat, kontektual sesuai visi misi negara kita,” kata Ridho.
Di sisi lain, Ketua KPID Lampung Tamri Suhaimi mengatakan Gubernur Ridho berperan penting atas pelaksanaan KPID Award 2017 bertema ‘Penyiaran sehat menuju Lampung Helau’ ini. KPID Lampug juga mengapresiasi Gubernur atas dukungan peningkatan status KPID menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) agar anggarannya melalui APBD.
“Sepanjang sejarah walaupun baru menjabat tahun tahun, Gubernur paling peduli terhadap penyiaran hanya Ridho Ficardo, sehingga menerima penghargaan Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran 2017,” kata Tamri. (rls)