Bachtiar Dapat Penghargaan Tertinggi dari Suku Batak

BANDARLAMPUNG – Keluarga marga Batak Siregar se-Provinsi Lampung memberikan kain ulos kepada Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Bachtiar Basri di aula Museum Lampung, Minggu (11/2/2018). Mereka menyatakan hal ini sebagai bentuk penghormatan dan kasih sayang kepada wagub yang merupakan keluarga besar Siregar.

Penasehat Patogar (Parsadaan Toga Siregar), Dr HM Siregar, SH MH menjelaskan, Bachtiar mendapatkan ketentuan adat sebagai keluarga besar dari marga batak Patogar karena memiliki menantu yang bermarga Harahap. ”Jadi suaminya (anak Bachtiar) diberi marga Siregar,” jelasnya.

Kain ulos menurut dia merupakan lambang tertinggi dari suku Batak. Ulos diberikan diiringi doa dan harapan semoga Bachtiar dapat menjalankan tugas-tugasnya selalu dalam kehangatan dan penuh kasih sayang kepada rakyat dan orang-orang yang dipimpinnya.

Acara pemberian ulos itu sendiri merupakan rangkaian buka tutup tahun kegiatan Patogar biru dan bare/ibare Bandar Lampung dohot na humaliangna. Aktivitas dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada awal tahun. ”Dalam kesempatan ini kami menampilkan budaya suku Batak berupa tari-tarian,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Bachtiar berharap ke depan Parsadaan marga Siregar ini bisa bergandengan tangan dengan parsadaan yang lain. Juga bersama-sama dengan aparatur pemerintahan untuk bahu-membahu dalam rangka membangun Provinsi Lampung. (rls)