JAKARTA – Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2021 di Jakarta, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat segera mengumumkan pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020.

Pengumuman pemenang akan dibacakan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari dalam program acara “Dialog Indonesia Bicara” yang tayang di stasiun TVRI, Rabu (20/1/2021) mulai pukul 20.00 WIB.

“Penghargaan Adinegoro merupakan penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik Indonesia, ” ujar Atal yang juga penanggung jawab Hari Pers Nasional 2021.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro diberikan kepada wartawan yang telah terseleksi melalui karya-karya jurnalistik yang sudah dimuat, ditayangkan, atau disiarkan di media massa .

Terdapat enam kategori Anugerah Jurnalistik Adinegoro:

  1. Indepth reporting untuk media cetak
  2. Indepth reporting untuk media siber
  3. Indepth reporting untuk media televisi
  4. Indepth reporting untuk media radio
  5. Foto berita untuk media cetak dan media siber
  6. Karikatur opini untuk media cetak dan media siber

Pemenang tiap kategori berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai, trofi, serta piagam penghargaan dari PWI/Panitia HPN 2021.

Para peserta dinilai berdasarkan karya-karya yang sudah dipublikasikan, ditayangkan, atau disiarkan pada media cetak, media siber, media televisi, atau media radio periode 1 Desember 2019 hingga 30 November 2020.

Para pemenang tersebutĀ  selanjutnya akan dihadirkan dalam Webinar Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang dijadwalkan pada tanggal 6 Februari 2021 di Jakarta.

Webinar ini terbuka untukĀ  wartawan, mahasiswa dan masyarakat umum.

Enam pemenang bersama Dewan Juri yang diwakili satu orang dari masing-masing kategori akan hadir sebagai pembicara dalam webinar Anugerah Jurnalistik Adinegoro nanti. (rls)