Lagi, Pesan Untuk Timsel Bawaslu

Tim seleksi (timsel) penambahan anggota Bawaslu Provinsi Lampung periode 2018-2023 kini sudah terbentuk. Timsel diketuai Prof. Dr. Heryandi S.H., M.S. Lalu Dr. Eka Kurniawati, S.H.,M.H., dipercaya sebagai sekretaris timsel. Sementara Dr. Abdul Sukur, serta Dr. Ahmad Isnaini dan ujar Dr. (cand) Yusdianto, S.H., M.H dipercaya sebagai anggota timsel.

Tentunya seiring dengan terbentuknya Timsel Bawaslu ini, ada beberapa harapan masyarakat Lampung terhadap mereka. Timsel hendaknya harus membuktikan netralitas. Harus berani mempertaruhkan independensi dan kredibilitas. Tidak menggadaikan gelar terhormat akademik. Tidak menjual almamaternya.

Meski begitu, segenap elemen masyarakat, baik LSM, akademisi, legislatif, termasuk aparat penegak hukum juga harus terus bersikap kritis. Harus memeloti, memprotes, mengkritisi setiap kejanggalan yang ada saat proses seleksi anggota Bawaslu.

Mereka harus berani bersuara jika ada bakal calon anggota Bawaslu yang tidak memiliki integritas, kribilitas, independensi lebih-lebih merupakan calon “titipan” seperti isu yang marak beredar selama ini.

Bila ini semua yang dilakukan, insya allah, kita akan mendapati anggota Bawaslu Lampung kedepan yang sesuai atau mendekati harapan. Semoga. (wassalam)